press enter to search

Jum'at, 29/03/2024 04:56 WIB

Kalahkan Belgia 1-0, Prancis Masuk Final Piala Dunia 2018

Redaksi | Rabu, 11/07/2018 06:27 WIB
Kalahkan Belgia 1-0, Prancis Masuk Final Piala Dunia 2018 Sundulan Samuel Umtiti ke gawang Belgia hantarkan Prancis ke babak final Piala Dunia 2018.

SAINT PETERSBURG (aksi.id) - Prancis lolos ke babak final Piala Dunia 2018 setelah mengalahkan Belgia dengan skor 1-0 dalan laga semifinal di Saint Petersburg Stadium, Rabu (11/7/2818) dini hari WIB. Gol semata wayang disumbangkan oleh pemain belakang Samuel Umtiti melalui sundulannya pada menit ke-51.

Seperti dilansir detik.com, pertandingan berjalan seru selama 90 menit. Kedua tim saling serang dan menciptakan cukup banyak peluang.

Setelah babak pertama berakhir dengan skor kacamata, Prancis memimpin melalui gol Umtiti di awal babak kedua. Gol ini ternyata menjadi satu-satunya gol yang tercipta pada pertandingan ini.

Prancis kini tinggal menunggu lawan di final yang akan dilangsungkan di Stadion Luzhniki, Moskow, Minggu (15/7/2018). Mereka akan menghadapi Kroasia atau Inggris.


Jalannya Pertandingan

Permainan berjalan sangat menarik sejak kick-off. Kedua tim menampilkan permainan terbuka dan terlibat jual beli serangan.

Meski demikian, peluang pertama baru tercipta pada menit ke-16. Eden Hazard yang mendapatkan operan dari Kevin De Bruyne melepaskan tembakan menyilang, tapi arahnya masih sedikit meleset dari gawang Prancis.

Prancis merespons dua menit kemudian melalui tembakan jarak jauh Blaise Matuidi. Namun, percobaan Matuidi tak berbuah gol karena bola bisa diamankan oleh kiper Belgia, Thibaut Courtois.

Belgia nyaris memimpin pada menit ke-22. Tembakan keras Toby Alderweireld mengarah ke gawang Prancis, tapi kiper Hugo Lloris terbang untuk menepis bola keluar lapangan.

Prancis gantian mengancam melalui peluang yang didapatkan oleh Olivier Giroud. Dalam posisi membelakangi gawang, Giroud menyundul umpan silang dari Benjamin Pavard. Sial buat dia, arah bola masih sedikit melenceng.

Ancaman berikutnya dari Prancis datang dari Pavard pada menit ke-40. Bek kanan Prancis itu menusuk hingga kotak penalti Belgia, tapi tembakan jarak dekatnya bisa digagalkan Courtois dengan kaki.

Kedua tim terus mencoba memecahkan kebuntuan di sisa babak pertama. Tapi, skor 0-0 tak berubah hingga turun minum.

Kebuntuan baru terpecahkan saat babak kedua berjalan enam menit. Umtiti membawa Prancis memimpin 1-0 lewat golnya.

Berawal dari tendangan sudut yang diambil Antoine Griezmann, Umtiti yang berdiri di tiang dekat mengalahkan Marouane Fellaini dalam duel udara. Sundulan Umtiti menembus gawang Belgia tanpa bisa dihentikan Courtois.

Prancis berpeluang menambah keunggulannya pada menit ke-57. Giroud mendapatkan bola di kotak penalti dan mencoba menembak, tapi usahanya diblok oleh Mousa Dembele.

Belgia berpeluang menyamakan kedudukan delapan menit kemudian. Umpan silang pemain pengganti Dries Mertens dari sisi kanan disambut sundulan Fellaini, tapi arah bola masih sedikit melenceng dari gawang Prancis.

Demi menambah daya gedor di sisa waktu, Belgia juga memasukkan Yannick Ferreira-Carrasco untuk menggantikan Fellaini. Sebaliknya, Prancis mencoba mempertahankan keunggulan mereka dan memasukkan Steven Nzonzi yang berposisi gelandang bertahan.

Belgia mendapatkan kesempatan saat laga sudah memasuki menit ke-81. Axel Witsel melepaskan tembakan jarak jauh, yang memaksa Lloris melakukan penyelamatan.

Di injury time, Prancis malah dua kali mengancam gawang Belgia lewat tembakan Griezmann dan Corentin Tolisso. Tapi, dua peluang itu bisa digagalkan oleh Courtois.

Susunan Pemain
Prancis: Lloris; Pavard, Varane, Umtiti, L.Hernandez; Pogba, Kante, Matuidi (Tolisso 86`); Mbappe, Giroud (Nzonzi 85`), Griezmann

Belgia: Courtois, Alderweireld, Kompany, Vertonghen, Chadli (Batshuayi 90+1`), Fellaini (Ferreira-Carrasco 80`), Dembele (Mertens 60`), Witsel, De Bruyne, Hazard, Lukaku. (aliy)