press enter to search

Sabtu, 17/11/2018 07:44 WIB

Menakjubkan! Al-Quran Berukuran Mini dan Bertinta Emas

Redaksi | Rabu, 11/07/2018 15:45 WIB
Menakjubkan! Al-Quran Berukuran Mini dan Bertinta Emas copyright merdeka.com/Arie Basuki

JAKARTA (aksi.id) - Sangat menakjubkan Al-Quran yang berukuran mini dan menggunakan tinta emas yang terdapat  di Masjid Jami Darussalam, Sukaraja, Bogor.  Al-Quran ini bisa dibilang sebagai Al-Quran terkecil di dunia. Ukurannya hanya 10 mm x 10 mm dan ditulis menggunakan tinta emas. Dilansir dari laman liputan6.com, Al-Quran ini merupakan benda bersejarah peninggalan pahlawan di zaman Kolonial, Pangeran Wijaya Kusuma di abad 17.

Dari beberapa laporan yang ada, Al-Quran mini tersebut merupakan Al-Quran yang hanya ada lima di dunia. Tinta emas yang digunakan adalah tinta emas asli Timur Tengah.

 

Al Quran terkecil dan ditulis dengan tinta emas di Bogor/copyright merdeka.com/Arie Basuki
 

 Kyai Tubagus Muhammad Tamyiz merupakan ahli waris dari Al-Quran mini tersebut. Pangeran Wijaya Kusama dikatakan sebagai leluhurnya. Karena merupakan ahli waris dari benda yang juga dibilang sangat keramat tersebut, Kyai Tamyiz memiliki tanggung jawab besar untuk merawat dan menjaga Al-Quran tersebut.

Dikisahkan bahwa saat dilakukan pembuatan Al-Quran mini ini, Pangeran Wijaya Kusuma dibantu oleh para ulama di zamannya. Semua aksara di dalam Al-Quran mini ini ditulis menggunakan tinta emas dengan ditulis tangan di atas lembaran kulit kayu. Agar aksaranya terlihat lebih jelas, tidak jarang Kyai Tamyiz harus membacanya dengan menggunakan kaca pembesar.

           

Kyai Tamyiz menunjukkan Al Quran mini milik leluhurnya/copyright merdeka.com/Arie Basuki

    

          

Al-Quran mini yang begitu mengagumkan dan menakjubkan.  (ny/sumber/Vemale.com)