press enter to search

Kamis, 20/09/2018 23:07 WIB

Yunani Usir 2 Diplomat Rusia

| Kamis, 12/07/2018 00:56 WIB
Yunani Usir 2 Diplomat Rusia Polisi dan tentara Yunani berdiri di bawah bendera Yunani, Rusia dan Uni Eropa yang berkibar, saat menanti kedatangan Presiden Rusia Vladimir Putin di bandara Athena, 27 Mei 2016. (Foto: dok).

MOSKOW (aksi.id) - Yunani dilaporkan mengusir dua diplomat Rusia atas tudingan Moskow mencampuri perundingan Yunani dengan negara tetangganya, Macedonia.

Media-media berita Yunani melaporkan, pengusiran itu berlangsung Rabu dan kedua utusan Rusia itu dilarang memasuki Yunani.

Juru bicara pemerintah Yunani, Dimitris Tzanakopoulos tidak bersedia mengeluarkan komentar mengenai laporan itu pada sebuah wawancara televisi, namun mengatakan Athena akan mengambil langkah-langkah yang pantas terhadap mereka yang melanggar hukum internasional.

Pihak berweang di Rusia mengatakan, dua diplomat Yunani akan diusir dari Moskow sebagai tanggapan balasan.

Yunani dan Macedonia mencapai kesepakatan bulan lalu untuk mengakhiri pertikaian yang sudah berlangsung puluhan tahun terkait nama Macedonia, yang juga nama sebuah provinsi di bagian utara Yunani.

Kesepakatan itu menjadi begitu sengitnya sehingga Yunani menghalangi republik bekas Yugoslavia itu untuk bergabung dengan NATO. Kesepakatan itu mengharuskan Macedonia mengubah namanya menjadi Republik Macedonia Utara. (VOA).

Keyword Yunani Diplomat