press enter to search

Selasa, 13/11/2018 12:31 WIB

Harry dan Meghan Lawatan Pertama ke Luar Negeri

| Kamis, 12/07/2018 01:59 WIB
Harry dan Meghan Lawatan Pertama ke Luar Negeri Pangeran Harry dari Inggris dan istrinya Meghan, yang sekarang bergelar Duke dan Duchess of Sussex, menandatangani buku tamu di kantor Taoiseach Leo Varadkar, pada awal kunjungan dua hari ke Dublin, Irlandia, 10 Juli 2018.

DUBLUN (aksi.id) - Pangeran Harry dan istrinya, mantan artis AS, Meghan Markle melakukan lawatan dua hari ke Dublin, Ibu Kota Republik Irlandia, Selasa (10/7), Reuters melaporkan. Lawatan ini adalah lawatan keluar Inggris yang pertama bagi pasangan tersebut sejak menikah pada Mei lalu.

Pasangan tersebut tiba di Bandara Dublin. Dalam lawatan, Harry mengenakan dasi hijau dan Meghan mengenakan gaun Givenchy berwarna hijau gelap, yang tampaknya dipilih untuk menyesuaikan dengan warna nasional Irlandia. Mereka memulai kunjungan dengan menemui Perdana Menteri Leo Varadkar.

Setelah itu, Harry menyapa para tamu dengan menggunakan beberapa kata dalam bahasa Irlandia dan kemudian bersulang dalam pesta musim panas di kediaman duta besar Inggris.

“Berdiri bersama Anda pada malam yang indah, sangat mudah untuk melihat mengapa Irlandia mendapat tempat khusus di hati keluarga saya,” kata Pangeran Harry kepada para tamu.

“Sebagai tetangga yang saling berdekatan, Inggris dan Irlandia memiliki hubungan unik: sejarah kita panjang dan rumit. Tentunya ada masa-masa menantang dan kadang kala tragis dalam hubungan.”

Dengan memegang gelas berisi Champagne, Harry menutup pidato dengan ucapan bersulang tradisi Irlandia, “Slainte.”

Harry mengatakan, dia dan Meghan berharap mengenang masa-masa sulit dalam sejarah kedua negara yang bertetangga ketika mereka mengunjungi monumen peringatan Bencana Kelaparan Besar yang menimpa Irlandia pada 1840 dan stadion olahraga Gael, Croke Park.

Di stadion tersebut hampir seabad lalu, tentara Inggris melepaskan tembakan ke arah kerumunan pada masa Perang Kemerdekaan Irlandia. Insiden tersebut kemudian dikenal dengan Minggu Berdarah. (VOA).

Keyword Meghan Markle