press enter to search

Jum'at, 20/07/2018 04:15 WIB

Juara Lari 100 M Dunia & Lambungkan Nama Indonesia, Muhammad Zohri Selebrasi Sendirian

| Kamis, 12/07/2018 10:11 WIB

JAKARTA (aksi.id) - Tanpa hiruk pikuk pemberitaaan sebelumnya, Lalu Muhammad Zohri melejitkan nama Indinesia di kejuaraan internasional.

Di video yang beredar di media sosial, tampak atlet itu menjadi jawara di Kejuaraan Dunia Atletik U-20.  Sprinter asal Indonesia, menang lari 100 meter putra yang digelar IAAF di Tampere, Finlandia itu.

Saat dia mencetak prestasi itu tidak terlihat sambutan dari suporter dari Indonesia. Zohri bahkan harus selebrasi dengan bertepuk tangan sendirian. 

Untungnya ada dua atlet dari Amerika, yang mengajaknya berfoto bersama. Walhasil Zohri dengan bendera Indomesia berfoto dengan dua atlet yang membentangkan bendera besar Amerika.

Prestasi gemilang Zohri itu merupakan  medali emas pertama bagi Indonesia sepanjang keikutsertaan dalam ajang ini.

Situs resmi Asosiasi Internasional Federasi Atletik (IAAF) pada Rabu (11/7/2018)  mencatatkan, dalam 32 tahun sejarah kejuaraan tersebut, penampilan terbaik atlet Indonesia adalah finish posisi ke-8 pada 1986.

Namun, semua itu berubah ketika Zohri berhasil mencapai garis akhir dalam waktu 10,18 detik atau sekitar 1,2 detik per meter.

Dia mengungguli duo sprinter asal Amerika Serikat yaitu anthony Schwartz dan Eric Harrison, yang masing-masing mencatatkan perolehan waktu 10,22 detik

"Sekarang, saya akan mempersiapkan Asian Games untuk bulan depan," kata atlet berusia 18 tahun itu.

"Saya sangat bangga. Ini adalah pengalaman yang luar biasa dan sangat bagus untuk karier saya," imbuhnya kepada kompas.com.

 Dia tampak diapit oleh Schwartz dan Harrison yang masing-masing membawa bendera AS, ketika berfoto bersama.

Zohri dilaporkan tampak percaya diri dalam babak penyisihan pada Selasa lalu dengan catatan waktu 10,30 detik.

Kemudian, dia berada di urutan kedua pada semifinal dengan perolehan waktu 10,24 detik.

Zohri telah mengukir prestasi di tingkat Asia sebagai juara lari 100 meter U-20 pada awal tahun ini. (awe).