press enter to search

Kamis, 19/07/2018 03:16 WIB

Ledakan Rusak 11 Ruko di Grand Wijaya Center Kebayoran Baru

| Kamis, 12/07/2018 11:28 WIB
Ledakan Rusak 11 Ruko di Grand Wijaya Center Kebayoran Baru

JAKARTA (aksi.id) – Ledakan mengguncang komplek Ruko Grand Wijaya Center, Blok F, Jalan Wijaya II, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (12/7/2018) pukul 05.00 WIB. Dampak ledakan merusak empat ruko dan melukai dua warga setempat.

Pantauan iNews di tempat kejadian perkara (TKP) ledakan, tampak kaca-kaca pecah berserakan dan sejumlah kerusakan di bagian gedung ruko. Lokasi pun langsung ramai dikerumuni warga sekitar.

“Saya lagi duduk-duduk di warung tiba-tiba bunyi ledakan. Suaranya kencang banget,” kata Anjas, penjaga warung di sekitar TKP.

Dia menjadi salah satu korban luka karena terkena pecahan kaca di bagian kakinya. “Saya tahunya itu ruko perkantoran. Lagi direnovasi. Persisnya ruko apa saya kurang tahu,” ujarnya.

Personel Polres Metro Jakarta Selatan yang mendapat laporan ledakan ruko langsung mendatangi lokasi dan melakukan olah TKP. “Iya benar ada ledakan. Kami sedang lakukan olah TKP," kata Kasat Reskrim Polres Jakarta Selatan AKBP Stefanus Tamuntuan, Kamis (12/7/2018).

Stefanus mengatakan pihaknya sudah bersama Tim Gegana masih menyisir lokasi di sekitar TKP. “Sudah ada tim penjinak bom yang juga datang dan menyisir lokasi," ujarnya.

11 RUKO

Kepala Polres Metro Jakarta Selatan Komisaris Besar Polisi Indra Jafar menyatakan 11 rumah toko (ruko) terdampak ledakan tabung gas 12 kilogram yang terjadi di satu ruko di kompleks Grand Wijaya Center II, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis pagi.

"Kebanyakan kerusakan pada kaca dinding," kata Indra, menambahkan satu mobil yang diparkir di depan ruko lokasi ledakan juga rusak.


Selain itu, Indra mengatakan dua orang yang berdagang di depan ruko terluka namun tidak sampai harus menjalani perawatan di rumah sakit.

Tim dari Pusat Laboratorium Forensik Polri masih menganalisa hasil olah tempat kejadian perkara guna mengetahui penyebab ledakan dan kebakaran di ruko konsultan properti di Grand Wijaya Center II.

Berdasarkan analisis awal, Indra menjelaskan, ledakan di ruko itu dipicu oleh tabung gas yang regulatornya bocor, sehingga gasnya keluar dan memenuhi ruangan yang tertutup.

"Dalam jangka waktu cukup lama gas terakumulasi di ruang tertutup yang diduga terpecik saklar otomatis sehingga menimbulkan ledakan cukup besar," ujar Indra.

(dien).