press enter to search

Jum'at, 19/04/2024 17:55 WIB

Tingkatkan Layanan, PTSP Jakpus Buat Website

Redaksi | Senin, 16/07/2018 16:59 WIB
Tingkatkan Layanan, PTSP Jakpus Buat Website Layanan PTSP Jakarta Pusat (ist)

 JAKARTA (aksi.id) - Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Jakarta Pusat sedang membuat Website khusus untuk koordinasi dengan unit teknis lain untuk penerbitan rekomendas dalam upaya.peningkatan layanan.

"PTSP dalam menerbitkan izin tergantung dari unit teknis dalam bentuk rekomendasi, jelas Kepala PTSP Jakarta Pusat, Sri Ratu Mulyati, Senin (16/7/2018).

Rekomendasi saat ini masih diproses secara manual. Berkas dikirim oleh caraka atau expedisi ke unit teknis untuk diproses rekomendasinya. Setelah rekom terbit, berkas dikembalikan ke PTSP dengan ekspedisi.

"Hal ini membutuhkan waktu lama dan risiko berkas tercecer," kata Yanti.

Dikatakannya, dengan adanya Web rekomendasi nantinya proses tidak lagi manual. Petugas cukup upload data yang akan tersimpan di server yang ada di Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) dengan terlebih dahulu, email untuk unit teknis didaftarkan dalam web ini.

"Kemudian berkas dikirim kepada unit yang kita mintakan rekomendasi. Unit teknis mengupload rekomendasi untuk dikirim ke PTSP dan setelah diterbitkan unit teknis, dikembalikan lagi ke PTSP untuk selanjutnya diproses perizinan," urai dia.

Dengan adanya Web ini, proses rekomendasi menjadi lebih cepat, praktis, dan efisiensi karena arsip ini tersimpan secara digital. Selain itu web dapat digunakan sebagai sarana monitoring oleh internal Pemda misalnya Gubernur, Inspektorat, Ka.Dinas maupun intansi luar Pemda seperti KPK, Ombudsman,dan BPK.

Untuk uji coba penggunaan Web akan di laksanakan pertengahan Agustus 2018, yaitu izin transportasi pada unit Dinas Perhubungan, DPMPTSP telah memberikan sosialisasi kepada tim teknis PTSP Jakarta Pusat dan Dinas Perhubungan. Mereka sudah diberikan pelatihan cara penggunaannya," ujar Yanti.

Sedangkan target jangka panjang kedepan, diharapkan semua izin yang memerlukan rekomendasi dari unit lain itu bisa menggunakan web dengan harapan dapat mengubah wajah pelayanan di PTSP. (omy)

Keyword

Artikel Terkait :

-