press enter to search

Kamis, 28/03/2024 15:47 WIB

Peran Medsos Jelang Pemilu dan Pilpres 2019 Cukup Signifikan

Helmi | Kamis, 19/07/2018 17:24 WIB
Peran Medsos Jelang Pemilu dan Pilpres 2019 Cukup Signifikan

JAKARTA (Aksi.id) - Sebentar lagi akan berhadapan dengan Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden 2019. Pesta demokrasi  itu sudah di depan mata dan para pihak harus sudah mempunyai strategi untuk menjadi pemenang.

Keberadaan media online dan media sosial (medsos) memiliki peran penting bagi kandidat politik terkait dengan program kampanye.

Pakar Komunikasi Digital, Anthony Leong, menjelaskan dewasa ini media sosial memiliki peran yang sangat krusial untuk memenangkan pasangan calon dalam Pilkada, Pileg ataupun Pilpres.

“Zaman now ini, media digital di mana melalui medsos atau new media lainnya bisa menjadi strategi yang paling tepat dalam menyampaikan visi misi, program kerja,” ujar Anthony di Jakarta, Kamis (19/7/2018).

Ia memaparkan contoh pasangan Isran Noor – Hadi Mulyadi  (Kalimantan Timur) dan Edy Rahmayadi-Musa Rajekhshah (Sumut) yang belum lama ini terpilih berdasarkan hasil quick count dan realcount dari KPU. Dan juga pasangan Nurdin Abdullah dan Andi Sudirman Sulaiman di Sulawesi Selatan sangat mengoptimalkan media sosial.

“Contohnya bagaimana Edy-Musa (ERAMAS) mengemas identitas Putra Daerah Sumut, Isran-Hadi dengan blak-blakannya karena telah memiliki track record dan mumpuni,” tutur CEO Menara Digital itu.

Ia pun menambahkan, keberadaan media sosial ini memungkinkan sosialisasi atau kampanye lebih tepat sasaran dan biaya relatif murah.

“Selain itu bisa juga memetakan fokus daerahnya, misalkan ingin fokus menggarap daerah Bekasi, Surabaya bisa fokus menjangkau masyarakat yang tinggal di daerah tersebut. Jadi usaha yang dikeluarkan tepat sasaran ke pemilih,” ujar Anthony.

Para pengguna media sosial, papar Anthony, kini lebih condong memihak kepada sosok figur yang menawarkan perubahan dan gagasan besar.

“Generasi milenial, senang dengan sosok figur yang memberikan perubahan dan terbukti kerja nyata. Apalagi, bila didukung dengan tim yang mampu menyampaikan komunikasi politik dengan baik, atau menggunakan simbol–simbol baru yang unik dan mudah diingat,” tutup Anthony.(helmi)