press enter to search

Jum'at, 29/03/2024 13:24 WIB

AirAsia Malaysia & Malindo Air Terbang ke Bandara Silangit

| Minggu, 29/07/2018 01:05 WIB
AirAsia Malaysia & Malindo Air Terbang ke Bandara Silangit

SAMOSIR (aksi.id) - Menko Kemaritiman Luhut  B Pandjaitan mengatakan, bahwa Air Asia akan membuka rute penerbangan langsung dari Kuala Lumpur ke Silangit. 

“Nanti tanggal 17 Agustus, tadi saya baru di _text_ (sms) sama Tony Fernandes CEO Air Asia, mereka akan terbang dari Kuala Lumpur ke Silangit 4 kali seminggu,” kata Menko Luhut kepada masyarakat dari tujuh kabupaten di wilayah Sumatera Utara, Sabtu(28/7/2018).

Hal yang juga akan dilakukan penerbangan Malindo Air. Mulai tanggal 17 Agustus 2018, Malindo Air (grup Lion Air) membuka penerbangan 4 x seminggu dengan rute Subang [Malaysia] – Silangit dan sebaliknya. 

Untuk mendukung percepatan pembangunan infrastruktur pariwisata, Menko mengatakan landasan lapangan terbang Silangit akan diperpanjang.

 “Itu akan sampai 3000 meter. Tanahnya lagi kita proses. Sekarang sudah bisa mendarat Boeing 737-800 kalau Airbus 320,” ungkapnya seperti dikutip indoberita.com.

 Intensifnya pembangunan ini menurut Menko Luhut memberikan dampak signifikan pada penambahan jumlah penumpang. “Tahun 2014 atau hampir tahun 2015 turis yang datang kemari atau orang yang naik pesawat kemari jumlahnya 23 ribu sekian. Tapi tahun 2017 yang datang naik hingga 276 ribu pengunjung,” tutupnya.

 DIRESMIKAN JOKOWI

Sebelumnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan terminal Bandara Silangit, Jumat (24/11/2017).

 
Bandara Silangit berkapasitas 500.000 penumpang per tahun ini dilengkapi dengan fasilitas CIQ (Custom, Immigration, Quaratine), runway dengan panjang 2.650 x 30 meter, dan PCN yang bisa mengakomodasi pesawat berbadan sempit Airbus A320 dan Boeing 737-800.
 
PT Angkasa Pura II melengkapi sarana dan prasarana di Bandara Silangit, Sumatera Utara, dengan fasilitas digital yang bisa dimanfaatkan oleh pengguna jasa bandara.

Beragam fasilitas digital itu mencakup keperluan informasi, pemesanan transportasi umum, hingga layanan check in dan pemantauan bagasi penumpang.

"Fasilitas tersebut adalah airport bus schedule display, e-payment di tenant komersil, WiFi.id corner, bus ticketing vending machine, smart baggage, tourism info kiosk, self check in,sampai apps pada check in counter," kata Direktur Utama PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin.

Awaluddin menjelaskan, kelengkapan fasilitas digital ini diwujudkan dalam rangka memberikan pengalaman tersendiri bagi pengguna jasa hingga calon penumpang yang hendak berwisata ke kawasan Sumatera Utara, terutama yang menuju ke Danau Toba.

Fasilitas digital ini juga untuk memperlihatkan perkembangan teknologi khususnya kepada wisatawan mancanegara.

"Meskipun kapasitas Bandara Internasional Silangit tidak terlalu besar namun kami tetap fokus melakukan pengembangan soft infrastructure melalui digitalisasi layanan," tutur Awaluddin.

Dia memastikan, semua fasilitas digital itu sudah siap digunakan 100 persen. Kecepatan WiFi.id corner sebagai fasilitas umum yang bisa digunakan para pengguna jasa juga disebut memiliki kecepatan mencapai 100 megabyte per second (Mbps).

Kelengkapan fasilitas digital ini bersamaan dengan pembukaan rute internasional pertama di bandara tersebut, yaitu Silangit-Singapura.

JUMLAH PENUMPANG

 Berdasarkan data PT Angkasa Pura II, jumlah penumpang yang mendarat di Bandara Silangit sepanjang tahun lalu mencapai 282.240 penumpang. Jumlah itu terdiri dari penumpang internasional sebanyak 1.063 orang dan penumpang domestik sebesar 281.177 orang.

Jumlah tersebut meningkat 84,31 persen jika dibandingkan dengan jumlah penumpang yang mendarat di Bandara Silangit pada 2016. Saat itu, hanya ada 153.135 penumpang dan seluruhnya merupakan penumpang domestik.

 (awe).