press enter to search

Kamis, 28/03/2024 22:39 WIB

Ini Kata Menhub Soal Tarif LRT Jakarta dan Palembang

Redaksi | Jum'at, 03/08/2018 13:09 WIB
Ini Kata Menhub Soal Tarif LRT Jakarta dan Palembang Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi

BANDUNG (aksi.id) – Menhub Budi Karya Sumadi mengatakan, lght rail transit (LRT) Jakarta ada dua, Yaitu LRT Kelapa gadung, yang dibangun dan dioperasikan Pemprov DKI Jakarta.

Kedua, LRT Jabodetabek, dari Dukuh Atas ke Cibubur, Jakarta Timur. “Untuk LRT Jabodetabek ini, dibangun Pemerintah Pusat. Sesuai rencana, akan selesai dan siap dioperasikan tahun 2022 mendatang,” kata Menhub usai Dialog Keselamatan Tanggung Jawab Bersama di UOI Bandung, Kamis (2/8/2018).

Dia menyebutkan, LRT Kelapa Gadung sudah siap beroperasi, bahkan memang disiapkan untuk ikut mendukung eberhasilan Asian Games 2018 di Jakarta.
“Tarifnya disubsisi atau tidak, semua terserah ke Pemprov Jakarta,” jelas Menhub Budi Kaya.

Sementara, untuk LRT Jabodetabek Dukuh Atas-Cibubur,  tarifnya masih dihitung. “Diperkirakan tarifnya sekitar Rp22.000 per orang. Tapi, nanti akan dibeerikan subsidi, sehingga menjadi ke kisaran Rp10.000 sampai Rp12.000 per orang,” terang Menhub.

Tarif LRT Palembang Rp5.000

Sebelumnya, siaran resmi Kementerian Perhubungan menyebutkan, telah disiapkan anggaran sampai dengan Rp300 miliar untuk mensubsidi tarif LRT Palembang.

Menhub Budi Karya Sumadi berharap dalam jangka waktu tiga tahun subsidi ini dapat tercukupi.

“Tarif kita tetapkan Rp 5.000u, jarak dekat Rp10.000 untuk rute ke bandara. Itu subsidinya Rp 200-300 miliar per tahun, harapan kita dalam 3 tahun sudah bisa cover (tercukupi), tidak perlu lagi (disubsidi) dan bisa jalan dengan sendirinya,” ucap Menhub.

Menurut Menhub dikarenakan sejumlah kegiatan operasional LRT ini bisa menghasilkan pendapatan bagi operator LRT. Menhub menyebut jika tidak ada subsidi maka tarif LRT yang dibayar masyarakat bisa mencapai dua kali lipat.

Dijelaskan Menhub,  saat ini Pemerintah Daerah masih memiliki tugas untuk menginterkoneksikan LRT dengan moda transportasi yang ada di Kota Palembang, Sumsel.(helmi)