press enter to search

Jum'at, 17/08/2018 23:33 WIB

Diangkut Kapal Niki Sae, Ratusan Penumpang Eks-KM Satya Kencana IX Tiba di Pelabuhan Trisakti

| Sabtu, 04/08/2018 20:09 WIB
Diangkut Kapal Niki Sae, Ratusan Penumpang Eks-KM Satya Kencana IX Tiba di Pelabuhan Trisakti Penumpang eks-KM Satya Kencana IX Tiba di Pelabuhan Trisakti, Banjarmasin, Sabtu (4/8/2018) malam

 

BANJARMASIN (aksi.id)- Para penumpang dari kapal KM. Satya Kencana IX yang terbakar dilaporkan telah tiba dengan selamat di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin, Kalimantan Selatan malam ini (4/8).

Sebagaimana disampaikan sebelumnya, para penumpang kapal KM. Satya Kencana IX diangkut oleh kapal KM. Niki Sae dan kapal KM. Kumala.

"Seluruh penumpang telah berhasil dievakuasi dengan kapal KM. Niki Sae dan KM Kumala dan saat ini KM. Niki Sae dan KM. Kumala telah tiba di Pelabuhan Trisakti, Banjarmasin," ujar Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP), Junaidi.

Adapun penumpang dan ABK selamat yang diangkut kapal KM. Niki Sae berjumlah 140 orang dan 1 orang penumpang dalam keadaan meninggal. Sedangkan KM. Kumala membawa penumpang dan ABK selamat sebanyak 89 orang.

"Berdasarkan laporan dari KSOP Banjarmasin yang saya terima, ada satu orang penumpang dalam kondisi meninggal dunia," kata Junaidi.

Kapal KM. Niki Sae tiba di Pelabuhan Trisakti pada pukul 18.50 WITA malam tadi. Sementara itu, KM Kumala yang membawa para penumpang kapal KM. Satya Kencana IX tiba malam ini juga pukul 20.10 WITA.

"Petugas medis, ambulance serta petugas KSOP Banjarmasin dan unsur terkait telah disiapkan di Pelabuhan Trisakti untuk membantu para penumpang kapal yang mengalami luka-luka untuk diantar ke Rumah Sakit terdekat guna penanganan lebih lanjut," ujar Junaidi.

Junaidi juga mengatakan bahwa petugas KSOP Banjarmasin melakukan pendataan ulang terhadap para penumpang kapal KM. Satya Kencana IX guna memastikan tidak ada lagi penumpang yang belum dievakuasi.

Sementara itu, Dua kapal Kementerian Perhubungan cq. Direktorat Jenderal Perhubungan Laut terus disiagakan di lokasi terjadinya musibah terbakarnya Kapal KM. Satya Kencana IX di perairan Tanjung Selatan Kalimantan Selatan.

"Kapal KN. Altair milik Disnav Banjarmasin dan KNP. 363 milik KSOP Banjarmasin disiagakan di lokasi untuk melakukan penyisiran dan pengawasan terhadap kapal KM. Satya Kencana IX yang dilaporkan terbakar pagi tadi (4/8)," kata Junaidi.

Adapun saat ini tim Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) telah meluncur ke lokasi kejadian guna melakukan investigasi penyebab terbakarnya kapal KM. Satya Kencana IX tersebut.

Sebelumnya diinformasikan bahwa kapal KM. Satya Kencana IX terbakar pada posisi 04-43.67LS/ 113-57.81BT atau sekitar 54 mil Barat Daya Tanjung Selatan Kalimantan Selatan pada hari ini (4/8) pukul 05.35 WITA.

Junaidi menyebutkan bahwa informasi adanya musibah kebakaran pada kapal KM. Satya Kencana IX berawal dari berita yang disampaikan Stasiun Radio Pantai (SROP) Banjarmasin.

"SROP Banjarmasin melaporkan ada informasi dari kapal KM. Niki Sae bahwa pada tanggal (4/8) pukul 05.35 WIB, KM.Niki Sae ada komunikasi dengan kapal KM.Satya Kencana IX yang mengalami musibah kebakaran pd posisi 04-43.67 LS/ 113-57.81 BT sekitar 54 mil Barat Daya Tanjung Selatan," terang Junaidi.

Junaidi menjelaskan bahwa proses evakuasi penumpang dilakukan oleh Kapal KM. Niki Sae, KM. Kumala dan Tug Boat Bina Marine 97 yang berada di sekitar lokasi terbakarnya kapal KM. Satya Kencana IX tersebut.

Kapal KM. Satya Kencana IX yang dinakhodai oleh Sucipto Utomo merupakan kapal jenis Ro-Ro milik PT. Dharma Lautan Utama yang memiliki berat GT 11.657 yang membawa 198 orang penumpang dan 32 org ABK.

Adapun unsur yang dikerahkan untuk melakukan evakuasi para penumpang kapal tersebut terdiri dari KSOP Banjarmasin, SROP Banjarmasin, Lanal Banjarmasin dan Kantor SAR Banjarmasin.

(awe).