press enter to search

Selasa, 16/10/2018 13:14 WIB

Ribuan Muslim Kanada Bingung Pergi Haji di Tengah Sengketa Diplomatik dengan Arab Saudi

| Jum'at, 10/08/2018 16:42 WIB
Ribuan Muslim Kanada Bingung Pergi Haji di Tengah Sengketa Diplomatik dengan Arab Saudi

TRENTON (aksi.id) - Sengketa diplomatik antara Kanada dan Arab Saudi membuat Muslim Kanada khawatir tentang bagaimana mereka akan pulang ke rumah jika mereka pergi menunaikan ibadah haji.

Panggilan terbuka Kanada kepada kerajaan Saudi untuk "segera membebaskan" aktivis hak asasi manusia yang dipenjara membuat Arab Saudi berang dan mengambil tindakan penghukuman, termasuk membatalkan semua penerbangan dari dan ke Toronto mulai 13 Agustus.

Ibadah haji berlangsung pada 19 hingga 24 Agustus di Arab Saudi dan Muslim diwajibkan untuk melakukan ziarah setidaknya sekali dalam seumur hidup mereka.

Setiap tahun, ribuan Muslim Kanada pergi ke Mekkah.

Tapi tahun ini, ketidakpastian untuk kembali ke Kanada menyebabkan kekhawatiran.

Dewan Nasional Muslim Kanada (NCCM) memposting saran di halaman Facebook-nya.

"Karena beberapa Muslim Kanada bersiap untuk melakukan perjalanan ke #ArabSaudi untuk Haji, NCCM menyarankan mereka yang melakukan perjalanan menggunakan Saudi Arabian Airlines dengan tanggal kembali di luar 13 Agustus untuk menghubungi maskapai penerbangan atau agen perjalanan mereka untuk mencari opsi alternatif untuk perjalanan pulang sebelum meninggalkan Kanada," tulis pernyataan itu.

Tetapi beberapa dari mereka mengatakan mereka menghubungi nomor kontak yang disediakan oleh maskapai, tetapi tidak ada jawaban.

Agen perjalanan haji Al Madina di Toronto setiap tahun mengkoordinasikan paket perjalanan haji untuk ratusan jamaah dengan Saudi Airlines. Perusahaan itu mengatakan maskapai "menjanjikan kami penerbangan alternatif melalui Dubai atau Mesir atau negara lain."

Namun manajer agen perjalanan, Faez Yahya mengatakan bahwa detail pengaturan tidak tegas, sehingga pelanggan benar-benar tidak tahu apa yang bisa diharapkan.

Sebuah paket perjalanan bisa berharga sekitar CAD15.000 dan Omar Alghabra dari Kementerian Luar Negeri Kanada mengatakan ada banyak "kecemasan yang masuk akal".

"Banyak yang khawatir jika mereka mungkin tidak bisa menunaikan ibadah haji dan kehilangan deposit mereka atau seluruh uang yang mereka bayarkan untuk perjalanan itu," katanya. "Bukan hanya kehilangan mimpi yang mereka miliki, tetapi juga uang."

Sementara Arab Saudi, yang meradang karena permintaan Kanada agar kerajaan melepaskan para aktivis hak asasi manusia, telah melakukan berbagai langkah, termasuk membekukan semua perdagangan baru dengan Kanada. Hanya satu komoditas yang tidak akan terpengaruh.

Menteri Energi Arab Saudi Khalid al-Falih mengatakan minyak - Kanada mendapat sekitar 15% dari minyaknya dari Arab Saudi - akan terus mengalir karena negara itu memiliki "kebijakan yang kuat dan tahan lama" yang menyatakan bahwa pasokan minyak tidak akan terpengaruh oleh kepentingan politik .

Sumber: Anadolu Agency.

Keyword Haji Kanada