press enter to search

Selasa, 16/10/2018 13:31 WIB

Daftar ke KPU, Prabowo & Sandiaga Diantar Ribuan Pendukung

| Jum'at, 10/08/2018 15:03 WIB
Daftar ke KPU, Prabowo & Sandiaga Diantar Ribuan Pendukung Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno

JAKARTA (aksi.id) - Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno resmi mendaftar sebagai bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden untuk Pilpres 2019 di Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Di hadapan para komisioner KPU, Prabowo dan Sandiaga menyerahkan dokumen-dokumen yang diperlukan untuk proses verifikasi sebelum ditetapkan sebagai capres-cawapres.

Berdasarkan pantauan CNNIndonesia.com, Prabowo dan Sandiaga menyerahkan dokumen secara simbolis kepada Ketua KPU Arief Budiman. Prabowo tampak mengenakan kemeja putih dengan peci hitam, sementara Sandiaga menggunakan kemeja biru dengan peci hitam saat proses pendaftaran ini.

Para petinggi partai koalisi, Gerindra, PKS, PAN, dan Demokrat turut mendampingi proses pendaftaran Prabowo-Sandiaga.

Mereka di antaranya Presiden PKS Sohibul Iman, Ketua Majelis Syuro PKS Salim Segaf Al-Jufri, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, Ketua Kehormatan PAN Amien Rais, Ketua Kogasma Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono, dan Ketua Dewan Pertimbangan Berkarya Titiek Soeharto.

Kemudian Sekretaris Jenderal PAN Eddy Soeparno, Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani, Sekretaris Jenderal Berkarya Priyo Budi Santoso.

Setelah simbolis itu itu, para panitia pendaftaran capres-cawapres di KPU melakukan pemeriksaan dokumen. Pemeriksaan berlangsung sekitar sepuluh menit.

Tak lama setelah proses itu dilakukan, Prabowo dan Sandiaga terlihat menandatangani sebuah dokumen.

"Setelah memeriksa, kami katakan lengkap. Selanjutnya dilakukan verifikasi," kata Kepala Biro Teknis dan Hukum KPU, Nur Syarifah seperti disiarkan CNN Indonesia TV.

Lalu lintas di sekitar Komisi Pemilihan Umum (KPU), Menteng, Jakarta Pusat macet parah, Jumat (10/8) siang. Kemacetan ini terjadi seiring kedatangan rombongan pendukung Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno yang mendaftar sebagai capres dan cawapres.

Antrean kendaraan terjadi di sejumlah ruas yang berada di sekeliling Gedung KPU. Ruas yang paling berdampak adalah Jalan HOS Cokroaminoto. 

Kemacetan di ruas jalan ini terpantau terjadi dari arah di Jalan HOS Cokroaminoto dari arah Rasuna Said sampai ke Taman Menteng.

 Kemacetan tak kalah parah terjadi di ruas Jalan Dr Kusuma Atmaja. Begitu pula di Jalan Galunggung di mana terjadi antrean kendaraan cukup panjang.

Hal ini terjadi lantaran iring-iringan pendukung yang mengantar Prabowo dan Sandiaga Uno ke KPU cukup banyak. Para pendukung ini berkumpul di persimpangan Jalan Imam Bonjol dan Jalan HOS Cokroaminoto.

Prabowo dan Sandiaga datang diantar dengan aneka kesenian hiburan. Ada yang menyambutnya dengan rebana, pendukung yang mengantar dengan marching band, hingga nyanyian lagu bertagar 2019 ganti presiden andalan mereka

. Hingga tulisan ini dibuat, jalan-jalan di sekitar KPU tersebut masih macet parah. Namun laju sepeda motor sudah lebih baik seiring bantuan petugas kepolisian yang mengurai sedikit kepadatan di sana.