press enter to search

Jum'at, 19/04/2024 16:57 WIB

4 Kapal Patroli Kemenhub Kawal Obor Asian Games 2018 ke Pulau Untung Jawa

Redaksi | Jum'at, 17/08/2018 15:27 WIB
4 Kapal Patroli Kemenhub Kawal Obor Asian Games 2018 ke Pulau Untung Jawa Tim Kemenhub PLP Tanjung Priok siap dukung Kesuksesan Asian Games 2018

JAKARTA (aksi.id) - Kapal Patroli Kementerian Perhubungan cq. Direktorat Jenderal Perhubungan Laut melalui Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai (PPLP) Tanjung Priok mengawal obor api Asian Games ke- 18 menuju Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu, Jumat (17/8/2018) pukul 06.30 WIB.

Pengawalan tersebut dilakukan sebagai bentuk partisipasi Direktorat Jenderal Perhubungan Laut dalam merayakan hari Kemerdekaan ke-73 Indonesia sekaligus mendukung dan menyukseskan pentas olahraga dunia, Asian Games.

"Tadi pagi empat kapal patroli dari Pangkalan PLP Tanjung Priok mengawal api obor Asian Games yang dibawa dengan kapal Baracuda dari Dermaga Marina Jakarta menuju Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu," ujar Kepala Seksi Operasi Pangkalan PLP Kelas 1 Tanjung Priok, Capt. Pujo Kurnianto.

Keempat kapal patroli Pangkalan PLP Tanjung Priok tersebut adalah kapal KN Pedang/P.208, KN. Celurit/P.203, KN. Belati/P.205, dan KNP.348.

Menurutnya, kapal patroli P. 208 dan P.205 terlebih dahulu memonitor dan secara estafet dilanjutkan oleh kapal P.203 dan P.348 hingga tiba di Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu.

Pelaksanaan pawai obor (torch relay) Asian Games 2018, Jakarta-Palembang yang berlangsung tadi pagi di Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu menjadi sejarah tersendiri bagi warga di Kepulauan Seribu.

Obor api Asian Games itu diarak berkeliling Pulau Untung Jawa yang dibawa pelari dari berbagai komponen, mulai dari tokoh masyarakat maupun pemuda pemudi yang berprestasi di bidangnya.

"Setelah dibawa berkeliling pulau Untung Jawa, obor api Asian Games akan langsung dibawa kembali ke daratan Jakarta untuk selanjutnya dipersiapkan dalam pembukaan Asian Games 2018 yang akan dilaksanakan besok (18/8/2018)," tuturnya.

Setelah tiba dan melaksanakan rangkaian kegiatan di Pulau Untung Jawa, kapal Baracuda kembali ke Dermaga Marina Ancol dengan tetap dikawal oleh kapal-kapal Pangkalan PLP Tanjung Priok.

"Kegiatan ini merupakan rangkaian persiapan peresmian Asian Games dan kami bangga dapat turut mendukung penuh perhelatan akbar ini dengan mengawal api obor pergi dan kembali dari Pulau Untung Jawa," urai Capt. Pujo.

Pelayaran yang dimulai sejak sekitar pukul 06.30 WIB tadi cuaca dilaporkan dalam kondisi cerah dan gelombang ombak normal sehingga aman. (omy)

Keyword

Artikel Terkait :

-