press enter to search

Selasa, 16/04/2024 16:47 WIB

Wajah Baru Pengganti Jembatan Indiana Jones di Jagakarsa

Redaksi | Sabtu, 18/08/2018 20:09 WIB
Wajah Baru Pengganti Jembatan Indiana Jones di Jagakarsa Jembatan gantung baru di Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan (Foto: Maulana Ramadhan/kumparan)

JAKARTA (aksi.id) - Jembatan yang menghubungkan Kelurahan Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan, dengan Kelurahan Pasir Gunung Selatan, Cimanggis, Depok, kini tidak lagi berwujud jembatan ala `Indiana Jones` yang reyot.

Pembangunan jembatan baru pengganti jembatan `Indiana Jones` telah rampung dan kini sudah bisa digunakan oleh warga setempat. Peresmian jembatan baru yang bernama `Wiratman - Karkasa` dilakukan di Jalan Gardu, Srengseng Sawah, Jagakarsa, oleh Direktur Utama PT Wiratman, Melani D Wangsadinata.
 
Melani mengatakan, pembangunan berawal dari perlombaan desain JPO yang diselenggarakan oleh PT Wiratman yang diikuti oleh mahasiswa dari seluruh Indonesia.
Jembatan gantung baru di Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta SelatanJembatan gantung baru di Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan (Foto: Maulana Ramadhan/kumparan)
"Setelah itu sejumlah pemenang kita panggil ke Jakarta untuk mengikuti babak final dan ditetapkan satu pemenang dari tim Wirasena dari UI, yang jembatannya mereka beri nama Karkasa," kata Melani usai peresmian jembatan, Kamis (16/8).
Nama Karkasa memiliki arti kokoh dan kuat. Sementara penggunaan nama Wiratman didedikasikan untuk Alm. Prof Dr Ir Wiratman Wangsadinata, pendiri PT Wiratman.
Jembatan gantung dengan dominasi warna oranye ini memiliki panjang 42 meter dengan kapasitas desain 300 kg per meter persegi. Untuk muatan, jembatan ini bisa digunakan sekitar 50 orang dalam waktu bersamaan. Jembatan ini juga diperkirakan memiliki ketahanan hingga 50 tahun.
 Darmi, Warga Kelurahan Pasir Gunung Selatan, Jembatan gantung baru di Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta SelatanDarmi, Warga Kelurahan Pasir Gunung Selatan (Foto: Maulana Ramadhan/kumparan)
Melani menambahkan, pembangunan jembatan menghabiskan dana lebih kurang Rp 1 miliar. Proses pembangunan memakan waktu 120 hari kerja yang dimulai pada awal Mei 2018.
Sementara itu Lurah Pasir Gunung Selatan, Aselih, mengapresiasi dibangunnya jembatan baru yang lebih layak.
"Ya kita ucapkan terima kasih, saya yakin ini sangat bermanfaat untuk masyarakat dan mudah-mudahan keterlibatan warga kami dalam rangka pemeliharaanya kita samakan persepsinya," ujar Aselih.
Jembatan gantung baru di Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta SelatanJembatan gantung baru di Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan (Foto: Maulana Ramadhan/kumparan)
Aisyah, warga Pasir Gunung Selatan mengaku senang dengan adanya jembatan baru ini karena lebih menghemat waktu.
"Ya senang, jadinya lebih amanlah dibanding dulu. Kalau mau lewat juga kan enggak perlu tunggu-tungguan karena muatnya kan banyak," ujar Aisyah.
 
Jembatan ala `Indiana Jones` sudah ada di Srengseng Sawah sejak tahun 1960-an. Jembatan itu sudah lama menjadi sorotan sejak 2012 lalu, silih berganti pejabat datang..
Jembatan `Indiana Jones` masih bertahan hingga kini, posisinya berdampingan dengan jembatan yang baru. (ny/Kumparan.com)