press enter to search

Selasa, 16/10/2018 13:46 WIB

Fariz RM Ditangkap Lagi Gegara Narkoba

| Sabtu, 25/08/2018 18:37 WIB
Fariz RM Ditangkap Lagi Gegara Narkoba

JAKARTA (aksi.id) - Idola remaja era 1980-an, Fariz Rustam Munaf yang dikenal dengan nama panggung Fariz RM, tidak bisa lepas dari magnet narkoba. Pria yang kini berusia 59 tahun itu kembali ditangkap kepolisian karena kepemilikan narkoba.

Dilaporkan Humas Polda Metro Jaya, Fariz telah diamankan pada Jumat (24/8) karena penyalahgunaan narkoba. Barang bukti yang didapat berupa dua paket plastik klip diduga sabu, sembilan butir alprazolam, dua butir dumolid, dan alat isap sabu.

Fariz tertangkap kepolisian karena narkoba adalah cerita lama. Sebelumnya, anak keluarga pemusik keturunan Minangkabau-Belanda ini sudah dua kali terciduk kepolisian dan masuk bui.

Fariz pertama kali tertangkap saat razia kepolisian pada Oktober 2007. Saat itu dia kedapatan memiliki 1,5 linting ganja seberat 5 gram di dalam bungkus rokok. 
Hukuman yang diterima Fariz delapan bulan penjara, lebih ringan dari tuntutan pengadilan saat itu yakni satu tahun.


Fariz sempat menjalani rehabilitasi di Sakit Melia Cibubur dan berjanji pada keluarganya berhenti mengonsumsi narkoba.

Pada Januari 2015, Fariz terbukti mengingkari janjinya. Pasalnya dia tertangkap lagi saat mengisap ganja sambil bermain gitar di rumahnya di Bintaro Jaya, Tangerang Selatan.

Barang bukti yang ditemukan saat itu yakni ganja pada asbak di atas meja. Selain itu, Fariz juga memegang heroin dan alat isap sabu.

Fariz lahir pada 5 Januari 1959. Pria lulusan Institut Teknologi Bandung jurusan Seni Rupa ini adalah pencipta dan pelantun lagu seperti Barcelona dan Sakura yang hits pada 1980-an.

Dia menikah dengan Oneng Diana Riyadini, dianugerahi anak kembar Ravenska Atwinda Difa dan Rivenski Atwinda Difa, serta bungsu Syavergio Avia Difaputra.

Fariz bukan satu-satunya figur publik di Indonesia yang pernah tertangkap menggunakan narkoba. Roby Satria gitaris grup band Geisha, Bjah mantan vokalis The Fly, Andhika Mahesa dan Izzy dari Kangen Band, pedangdut senior Imam S Arifin, Yoyo drummer band Padi, dan aktor senior Roy Marten, merupakan sebagian kecil nama-nama yang pernah mengalami hal serupa.

PERNAH DIPENJARA KARENA NARKOBA

Ini bukan pertama kalinya Fariz berurusan dengan narkotika. Musisi 56 tahun itu pernah merasakan dinginnya jeruji besi sekitar 2007 lalu. Pada 28 Oktober, ia ditangkap polisi. Setelah dites urine, Fariz positif mengenakan narkotika jenis ganja.

Bersama penangkapannya itu, ditemukan pula barang bukti berupa 1,5 linting ganja seberat 5 gram. Fariz menyimpannya dalam bungkus rokok.

Jaksa Penuntut Umum lantas menuntutnya dengan hukuman satu tahun penjara. Namun, pelantun Sakuraitu divonis lebih ringan, hanya delapan bulan penjara dan dipotong masa hukuman. Ia menghabiskan sisa hukumannya di RS Melia Cibubur, untuk rehabilitasi.

DITANGKAP

Untuk kedua kalinya, Fariz Rustam Munaf atau lebih dikenal dengan Fariz RM harus berurusan dengan pihak berwajib. Musisi yang melejit kariernya pada dekade 1980-an itu digiring ke kantor Kepolisian Resor Metro Jakarta Selatan, Selasa (6/1/2015) dini hari tadi karena kedapatan mengonsumsi narkoba.

Ajun Komisaris Besar Polisi Hando Wibowo, Kepala Satuan Narkoba Polres Jakarta Selatan mengatakan, pria berusia 56 tahun itu ditangkap di kediamannya pukul 02.00 WIB. Ia tertangkap tangan menggunakan narkoba. "Ia sedang bermain gitar saat ditangkap," kata Hando di Polres Jaksel, Selasa (6/1).

Dalam penangkapan itu, polisi menemukan satu linting ganja dan satu paket heroin. Polisi juga mengamankan beberapa alat hisap sabu dari rumah Fariz yang berada di kompleks perumahan Bintaro Jaya. Setelah dites urine, kata Hando, pelantun Barcelonadan Sakura itu positif ganja, sabu-sabu, dan heroin.

Keyword Fariz RM