press enter to search

Sabtu, 20/04/2024 04:54 WIB

KEIN Apresiasi Peningkatan Ekspor Produk Pertanian RI

Helmi | Sabtu, 15/09/2018 07:33 WIB
KEIN Apresiasi Peningkatan  Ekspor Produk Pertanian RI

JAKARTA (Aksi.id) - Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) mengapresiasi meningkatnya ekspor komoditas pertanian yang semakin signifikan. Dengan begitu dinilai berkontribusi penting terhadap penguatan ekonomil saat rupiah melemah. Andil sektor pertanian terhadap ekonomi nasional ketika rupiah melemah dapat diukur dari nilai ekspor produksi pertanian dan meningkatnya nilai tukar petani (NTP) yang menunjukkan tanda kesejahteraan petani. KEIN meminta, pemerintah Indonesia semakin bisa mengoptimalkan lagi ekspor komoditas pertanian lainnya yang mempunyai nilai lebih besar, misalnya seperti kopi. Demikian diungkapkan Wakil Ketua KEIN Arif Budimanta, di Jakarta, kemarin. "Apalagi jika kita mampu memproduksinya menjadi barang setengah jadi sehingga mempunyai nilai yang lebih tinggi," ujar Arif.

Arif menuturkan, fungsi dari produksi sektor pertanian bukan hanya sebatas untuk ketersediaan pangan domestik. Namun juga untuk mendongkrak ekspor sehingga andil besar menjaga ekonomi negara.

"Sektor pertanian perlu dijaga keberlanjutannya sebab membawa dampak positif bukan hanya memperkokoh pendapatan ekonomi nasional tapi juga hal lainnya, misalnya soal penyerapan tenaga kerja," kata Arif.

Guna mencapai itu, Arif berpendapat, sektor pertanian membutuhkan adopsi teknologi agar dapat semakin mendorong produktivitas proses produksi.

"Pemerintah selama ini telah cukup memberikan input subsidi untuk produksi pertanian. Peran pemerintah kini seharusnya sudah bergeser membentuk petani mampu mengadopsi teknologi pertanian guna menunjang produksinya," tandas Arif.(helmi)

Keyword

Artikel Terkait :

-