press enter to search

Selasa, 19/03/2024 17:05 WIB

Ahmad Syaikhu Calon Kuat Wakil Gubernur DKI Jakarta

| Sabtu, 15/09/2018 12:57 WIB
Ahmad Syaikhu Calon Kuat Wakil Gubernur DKI Jakarta

JAKARTA (aksi.id) - Ustadz Ahmad Syaikhu (UAS) dikabarkan menjadi calon kuat menduduki posisi Wakil Gubernur DKI Jakarta menggantikan Sandiaga Uno.

Politisi, yang menempuh pendidikan di Sekolah Tinggi Administrasi Negara (STAN), Jakarta, tersebut digadang-gadang Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Lalu apa kata Ahmad Syaikhu?

"Ya doakan saja. Saya harus taat terhadap keputusan partai," ujar mantan Wakil Wali Kota Bekasi dan mantan calon Wakil Gubernur Jawa Barat tersebut.

Kepada Aksi.id, Sabtu (15/9/2018), ustadz yang pernah nyantri di Pesantren Buntet, Cirebon, itu menuturkan sebagai kader partai maka wajib hukumnya taat kepada keputusan partai. "Dicalonkan atau tidak dicalonkan. Ditempatkan atau tidak ditempatkan, ya harus patuh," tutur pria kelahiran Ciledug, Cirebon tersebut.

BIODATA

karier sebagai auditor di Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) perwakilan Sumatera Selatan pada 1986, Ahmad Syaikhu kemudian terjun ke politik. Ia pernah menduduki kursi legislatif serta eksekutif.

Kiprah politik Ahmad dimulai pada 2004 dengan terpilih sebagai anggota DPRD Kota Bekasi dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Belum genap lima tahun duduk di kursi dewan, suami dari Lilik Wakhidah itu mencalonkan diri menjadi Wali Kota Bekasi di pilkada 2008, namun kalah oleh pasangan Mochtar Mohammad-Rahmat Effendi.

Setahun berselang, pria lulusan Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) itu kembali menyandang status wakil rakyat di DPRD Jabar periode 2009-2013.

Meski pernah gagal, Ahmad Syaikhu embali maju memperebutkan kursi pemimpin Kota Bekasi pada 2013 dan menjabat wakil wali kota. Ia mendampingi Rahmat Efendi, yang notabene merupakan rivalnya di pilkada sebelumnya. Mereka menang dengan perolehan suara 43,87%.

Kesukesan Syaikhu, baik di legislatif mapun eksekutif, membuat ayah enam anak itu dipercaya partainya untuk menapuk jabatan puncak. Ia menjabat Ketua Dewan Pimpinan Wilayah Partai Keadilan Sejahtera Jawa Barat (DPW PKS Jabar) pada 2015.

 Aktif berkegiatan sosial
Di samping berpolitik, Ahmad Syaikhu aktif melakukan berbagai kegiatan sosial. Bersama rekannya, ia mendirikan Yayasan At Tabiyan dan Yayasan Istiqomah Bina Umat yang bergerak dalam pendidikan agama Islam.

Di bidang pelayanan sosial dan ekonomi, ia memelopori lembaga amil zakat bernama Tabung Amanah Umat. Selain itu, ia juga aktif sebagai Dewan pengawas Yayasan Islamic Center IQRO’ Pondokgede yang merupakan sekolah Islam terpadu.

Dia juga dipercaya sebagai Ketua Bidang Kerohanian Islam dan Ketua Masjid Kampus Baitul Maal Badan Pendidikan dan Latihan Keuangan (BPLK).

Di waktu senggangnya, Ahmad kerap melakukan olah raga menembak. Keahliannya makin terasah setelah mengikuti pembekalan Konsepsi Nasional bagi pimpinan dan anggota DPRD se-Indonesia gelombang I di Lembaga Ketahanan Nasional.

Kegemarannya menembak mengantarkan Ahmad menjadi Ketua Persatuan Menembak Sasaran dan Berburu Seluruh Indonesia (Perbakin) cabang Kota Bekasi. Setelah dua periode menjabat sebagai ketua Perbakin, kini dia dipercaya sebagai pembina.

(awe).

Keyword Ahmad Syaikhu