press enter to search

Senin, 15/10/2018 23:44 WIB

KMP Satria Pratama Kandas di Perairan Batam, Penumpang Dievakuasi

| Rabu, 19/09/2018 01:49 WIB
KMP Satria Pratama Kandas di Perairan Batam, Penumpang Dievakuasi Suasana evakuasi penjmpang KMP Satria Pratama yang kandas, Selasa (18/9/2018).

TANJUNGPINANG (aksi.id) - Kapal roro KMP Satria Pratama kandas di perairan Pulau Hellen Mars Takong Kecil, Batam, dengan titik koordinat 1 8.871 N - 103 48.047 E.

"Kita dari kantor pencarian dan pertolongan kelas A Tanjungpinang menerima laporan bahwa telah terjadi Kapal Kandas di perairan Pulau Hellen Mars Takong Kecil Batam. Saat itu melalui Pos SAR Batam langsung bergerak," ujarnya Kepala Basarnas Tanjungpinang Budi Cahyadi melalui kasi Operasi Eko Supriyanto dikonfirmasi.

Selasa (18/9/2018). pukul 08.00 WIB, armada kapal Rib 03 Batam tiba di Lokasi Kejadian Perkara (LKP) selanjutnya pihaknya berkoordinasi dengan Nahkoda Kapal dengan hasil kapal dalam kondisi aman.

"Untuk menarik kapal kita menunggu air pasang tinggi direncanakan jam 14.00 WIB akan bergeser," ungkapnya.

Bersamaan KN Sar Purworejo bergerak untuk melaksanakan pemanasan olagerak dan dilanjutkan dengan pemantauan Kapal KM Satria Pratama.

Pihaknya sekitar pukul 10.17 WIB melaksanakan evakuasi para penumpang.

"Jam 10.17 WIB penumpang sudah dievakuasi dan dibawa oleh SB Lagoi Ekspres dari agen kapal menuju pelabuhan Punggur," ungkapnya.

 

Kepala Syahbandar Pelabuhan Telaga Punggur, Komaruddin mengatakan puluhan penumpang KMP Satria Pratama dievakuasi dalam kondisi selamat.

"Keseluruhan ada 42 penumpang, 24 laki-laki, 13 perempuan dan 5 orang anak-anak. Untuk Crew kapal berjumlah 20 orang. Semuanya juga dalam keadaan aman dan selamat," ujarnya kepada TRIBUNBATAM.id di pelabuhan domestik punggur Selasa (18/9).

Seorang anggota Basarnas Kepri, Handrians juga mengatakan, proses evakuasi dilakukan demi menjaga kenyamanan penumpang.

"Keadaan kapal itu aman dan tidak ada kebocoran, kandas karena perairan surut. Kalau air laut pasang, kemungkinan kapal sudah bisa berlayar kembali. Kita lakukan proses evakuasi karena, kan tidak mungkin kita biarkan penumpang terlalu lalu lama di atas kapal, menunggu air laut pasang," jelasnya.

Salah satu penumpang KMP Satria Pratama, Marni mengatakan, dirinya dalam keadaan sehat dan tidak mengalami cedera.

 "Kita semua dalam keadaan sehat dan aman. Tadinya kita di kapal aman- aman saja, kapal tidak mengalami kemiringan atau kebocoran," ujar ibu yang berusia 68 tahun tersebut. (jasmine/sumber: teibunnews.com).