press enter to search

Sabtu, 15/12/2018 14:04 WIB

Mantan Finalis Indonesia Idol Bobol Mobil di Serpong, Dede Idol dan Kakaknya Ditembak Polisi

Redaksi | Kamis, 20/09/2018 08:22 WIB
Mantan Finalis Indonesia Idol Bobol Mobil di Serpong, Dede Idol dan Kakaknya Ditembak Polisi Polsek Serpong ringkus mantan finalis Indonesia Idol dan kakaknya yang terlibat aksi pencurian dan pembobolan mobil.

JAKARTA (aksi.id) - Nama Dede Richo Ramalinggam (29) mulai dikenal setelah mengikuti Indonesian Idol 2008.

Sepuluh tahun kemudian, Dede Richo atau Dede Idol ditangkap polisi. Dia diduga melakukan pencurian dengan modus memecahkan kaca mobil dan menggasak barang-barang di dalamnya.

Polisi bahkan menembak kaki Dede dan kakaknya, Deni Fredla Orchrels karena mencoba kabur.

Polisi menembak kaki mantan finalis Indonesian Idol, Dede Richo Ramalinggam (29) dan kakaknya, Deni Fredla Ochrels (34) karena mencoba kabur saat akan ditangkap.

Dede Idol dan kakaknya disangka melakukan pencurian dengan modus memecahkan kaca mobil dan menggasak barang-barang didalamnya.

"Kami lakukan tindakan tegas terukur karena mereka coba lari saat ditangkap," ujar Kapolres Tangsel, AKBP Ferdy Irawan, didampingi Kapolsek Serpong, Kompol Deddy Kurniawan saat memimpin gelar ekspos di Mapolsek Serpong, Rabu (19/9/2018).

Dede idol dan kakaknya tertangkap setelah melancarkan aksi terakhirnya membobol mobil milik Lakshmana Yoza yang terparkir di sebuah restoran ayam goreng cepat saji di bilangan BSD, Lengkong Gudang, Serpong, Tangsel, pada Sabtu (15/9/2018) lalu.

Kakak beradik itu membobol mobil Yoza dengan cara memecahkan kaca menggunakan pecahan busi.

Setelah kaca mobil pecah, Dede Idol dan kakaknya berhasil menggasak satu tas berisi sebuah drone DJI MAVIC berwarna silver.

Tim Vipers Polsek Serpong pun bertindak cepat dengan langsung melakukan pencarian pelaku.

Pada Selasa (18/9/2018), polisi meringkus Dede Idol di kontrakannya di bilangan Rawa Kucing, Sewan Neglasari, Tangerang.

Sementara kakaknya, Deni ditangkap pada Rabu pukul 08.00 di Perumahan Icon Sampira, Cisauk, Kabupaten Tangerang.

Dari penangkapan tersebut, polisi mengamankan 5 buah mata besi untuk mencongkel kaca mobil. Ada pula sebungkus plastik berisi pecahan keramik besi.

Adapun barang curian yang diamankan yaitu sebuah tas abu-abu merek MAVIC dan satu unit drone MAVIC Pro perak.

Kasat Reskrim Polres Tangerang Selatan AKP Alexander Yurikho menyebutkan Dede Idol dan Deni Fredla Ochlers telah melakukan aksinya lebih dari satu kali di wilayahnya.

"Sudah puluhan TKP di Tangerang Raya (lokasi pencurian). Kemungkinan lebih dari hitungan bulan tetapi proses penyelidikan masih berlanjut," kata Alex kepada Kompas.com, Rabu (19/9/2018)

Dalam aksi Sabtu malam tersebut, mereka menggunakan alat kejahatan berupa pecahan keramik busi untuk memecahkan kaca mobil.

Polsek Serpong ringkus mantan penyanyi Indonesia Idol dan kakaknya yang terlibat aksi pencurian dan pemberatan dengan modus pecah kaca mobil. (Warta Kota/Zaki Ari Setiawan)

Mereka juga mencongkel kaca mobil dengan menggunakan mata besi yang sudah dimodifikasi untuk kemudian menggasak barang di dalamnya.

Alexander mengatakan, aksi pencurian yang dilakukan Dede Idol dan Deni Fredla Ochlers belajar dari kelompok sepermainan bermusiknya. 

"Belajar dari kalangan berkumpul sebagai pengamen. Kami masih mencari target tersangka lain dari pengamen ini," kata Alex, Rabu (19/9/2018).

Ia menyebutkan kondisi keuangan menjadi alasan keduanya berani mencuri dengan membobol mobil dan mengambil barang di dalamnya.

"Karena desakan ekonomi. Dia sudah lama melakukannya, kemungkinan puluhan kali di Tangerang Raya," katanya.

Indonesian Idol 2008

Nama Dede Richo (29) pernah harum ketika ia melaju ke babak workshop Indonesian Idol 2008.

 Penampilan Dede Richo terbilang gemilang, langkahnya tak terhentikan hingga di babak sembilan besar.

Saat itu, Dede Richo harus bersaing dengan Kunto Aji hingga Aris yang akhirnya keluar sebagai pemenang. Berikut perjalanan Dede Richo di Indonesian Idol 2008.

Dede Richo saat tampil di Indonesian Idol 2008.(Youtube/ Indonesian Idol)

Babak Workshop

Di babak workshop pertama, Dede Richo membawakan lagu "Munajat Cinta" milik grup band The Rock. Dede Richo dinyatakan lolos hingga ke babak workshop kedua. Sayangnya ia tak lolos.

Namun, Dede Richo diminta kembali bersaing di babak Prelaga dan Wildcard.

Nama Dede Richo pun dinyatakan aman dan masuk ke babak spektakuler bersama 12 finalis lainnya.

Babak Spektakuler

Di babak Spektakuler ini persaingan antara finalis semakin ketat. Pada Spektakuler pertama Dede Richo membawakan lagu “Pupus”dari Dewa 19. Namanya dinyatakan aman.

Spektakuler kedua Richo membawakan "Hey Gadis" milik grup band Samsons.

Berikutnya, di Spektakuler ketiga Richo membawakan lagu milik grup band Slank berjudul "I Miss You but I Hate You".

Namun kali ini posisi Dede Richo sempat dinyatakan tidak aman.

Nama Dede Richo berada di tiga terbawah bersama Kunto Aji dan Thefanie Florina. Thefanie lah yang akhirnya harus pulang.

Spektakuler keempat, Richo membawakan lagu milik Padi berjudul "Begitu Indah".

Namanya kembali masuk dalam tiga terbawah bersama Gisella Anastasia dan Elizabeth Putri Estrya.

Kali ini Dede Richo harus pulang.

Selepas dari Indonesian Idol, nama Dede Richo sudah tak pernah lagi terdengar hingga pada Selasa (18/9/2018), Dede Richo dan kakaknya Deni Fredla Ochrels dicokok polisi di kontrakannya di bilangan Rawa Kucing, Sewan Neglasari, Tangerang. (Tribun.com)

 
 
Keyword Dede Idol

Artikel Terkait :

-