press enter to search

Sabtu, 15/12/2018 14:15 WIB

Tim Bulan Sabit Merah Turki Sudah Tiba & Siap Bantu Korban Gempa

| Selasa, 02/10/2018 00:11 WIB
Tim Bulan Sabit Merah Turki Sudah Tiba & Siap Bantu Korban Gempa Ilustrasi petugas Bulan Sabit Merah Turki

JAKARTA (aksi.id) - Bulan Sabit Merah Turki (Kizilayi) akan memberikan bantuan kemanusiaan kepada para korban gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah.

“Kizilayi sudah berada di Indonesia. Tim kami mulai bekerja untuk meringankan beban para korban,” ujar Kizilayi dalam pernyataannya pada Senin.

Bulan Sabit Merah Turki adalah organisasi kemanusiaan terbesar di Turki dan merupakan bagian dari Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional.

 

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menyampaikan belasungkawa kepada bangsa Indonesia menyusul bencana gempa bumi dan tsunami dahsyat yang menerjang Sulawesi Tengah.

Erdogan pun menyatakan Turki siap memberikan bantuan apapun yang diperlukan Indonesia.

“Saya berdoa untuk saudara-saudara dan saudari-saudari kami, yang meninggal dalam gempa bumi dan tsunami di Indonesia, semoga pemulihan cepat untuk yang terluka dan saya menyampaikan belasungkawa yang terdalam kepada rakyat Indonesia,” demikian disampaikan Erdogan dalam postingan di Twitter seperti dilansir Daily Sabah, Senin (1/10)

“Turki siap untuk melakukan segala daya untuk membantu Indonesia menyembuhkan luka-lukanya,” imbuh Erdogan.

Sebelumnya, Kementerian Luar Negeri Turki juga menyampaikan belasungkawa mendalam pada kerabat keluarga dari mereka yang kehilangan nyawa dan mengharapkan pemulihan yang cepat bagi para korban yang terluka.

“Kami telah mengetahui dengan kesedihan mendalam bahwa gempa bumi dan tsunami di pulau Sulawesi di Indonesia, menyebabkan hilangnya banyak nyawa, luka-luka dan kerusakan yang luas. Turki sangat solidaritas dengan pemerintah dan rakyat Indonesia dan siap untuk memberikan bantuan apapun yang mungkin diperlukan,” demikian disampaikan kementerian dalam sebuah pernyataan.

Sebagai bagian dari operasi kemanusiaan, Yayasan Bantuan Kemanusiaan Turki (IHH) telah mengirimkan sebuah tim bantuan darurat ke Indonesia menyusul gempa dan tsunami dahsyat di Palu dan DonggalaDalam statemennya, IHH menyatakan telah mengirimkan sebuah tim yang terdiri dari lima orang untuk membantu masyarakat yang membutuhkan di wilayah tersebut.

Sumber:Anadolu Agency.