press enter to search

Selasa, 16/10/2018 12:22 WIB

Peringati Hari Rabies Sedunia, Sudin KPKP Jakpus Gelar Vaksinasi Hewan Peliharaan

Redaksi | Rabu, 03/10/2018 16:47 WIB
Peringati Hari Rabies Sedunia, Sudin KPKP Jakpus Gelar Vaksinasi Hewan Peliharaan Walikota Jakarta Pusat Bayu Megantara saksikan vaksinasi rabies (ist)

JAKARTA (aksi.id) - Memperingati hari rabies sedunia, Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) Jakarta Pusat menggelar vaksinasi gratis bagi warga Rw.09, Kel.Mangga Dua Selatan, Sawah Besar, di taman Pangeran Jayakarta, Rabu ( 3/10/2018 ).

Antusias warga cukup tinggi. Terbukti, acara diikuti puluhan pemilik hewan peliharaan. Mereka membawa peliharaannya seperti Kera, Anjing, Kucing bahkan Musang untuk diperiksa secara menyeluruh oleh petugas.

"Targetnya tidak hanya pada hewan peliharaan, tetapi juga bagi hewan liar akan diinvetaris dan diperiksa kesehatannya agar Jakarta Pusat bisa mempertahankan bebas rabies," jelas
Walikota Jakarta Pusat Bayu Meghantara di Jakarta, Rabu (3/10/2018).

Menurutnya, vaksinasi rabies untuk di Kelurahan Mangga Dua Selatan hari ini ditargetkan sebanyak 60 sampai 70 hewan peliharaan, dan akan dilanjutkan besok di kawasan kelurahan Sumur Batu, Kemayoran.

Didampingi Asisten Ekbang, Bakwan Ferizan Ginting, Bayu mengharapkan, masyarakat yang memiliki hewan peliharaan berdarah panas agar diberikan vaksinasi rabies, agar hewannya sehat dan pemiliknya juga menjadi nyaman dan tidak khawatir.

"Masyarkat bisa menyuntikan hewannya tidak hanya pada kegiatan hari ini saja, tetapi bisa dilakukan di kantor kami yaitu di Sudin KPKP Jakpus dan tidak dipungut bayaran alias gratis," tambah Bayu.

Kepala Sudin KPKP Jakpus Bayu Sari Hastuti menambahkan, vaksinasi rabies dilakukan sebagai upaya untuk mempertahankan status bebas rabies. Dilakukan secara door to door di delapan kecamatan se Jakpus sejak Januari 2018.

Lebih lanjut Bayu Sari mengatakan, vaksinasi rabies ini merupakan KPI Dinas KPKP DKI Jakarta, dengan target pencapaian untuk wilayah Jakpus sebanyak 3.960 hewan penular rabies (HPR).

Dari hasil vaksinasi hingga akhir September 2018 sebanyak 3.866 ekor HPR terdiri dari 1.928 ekor anjing, 1.900 ekor kucing, 21 ekor kera dan 17 ekor musang sehingga telah tercapai 97,63 persen.

"Sedangkan hasil penertiban HPR hingga September 2018 sebanyak 907 ekor HPR terdiri dari 44 ekor anjing, 860 ekor kucing dan 3 ekor kera," imbuhnya. (omy)

Keyword

Artikel Terkait :

-