press enter to search

Senin, 15/10/2018 23:44 WIB

Capt. Sudiono: Perkuat Sinergi untuk Tingkatkan Keselamatan Berlayar

Redaksi | Jum'at, 12/10/2018 12:19 WIB
Capt. Sudiono: Perkuat Sinergi untuk Tingkatkan Keselamatan Berlayar Foto : Istimewa

IMG_20181012_090838

BOGOR (Aksi.id) – Kepala Kantor Kesyahbandaran Utama Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta Capt. Sudiono, M.Mar., berharap agar seluruh stakeholder memperkuat sinergi untuk meningkatkan keselamatan berlayar.

“Keselamatan berlayar tanggung jawab semua pihak, bukan hanya pemerintah dan syahbandar,” kata Capt. Sudiono, M.Mar., saat membuka Focuss Group Discussion (FGD) Bidang Keselamatan Berlayar kepada Pengguna Jasa di Lingkungan Kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Priok Jakarta di Bogor, Jawa Barat, Jumat (12/10/2018).

IMG_20181012_084418

Capt. Sudiono mengatakan, salah satu aspek keselamatan berlayar sangat tergantung kepada kondisi kapal yang memenuhi aspek keselamatan, pencegahan pencemaran dari kapal, pengawakan, pemuatan, kesehatan dan kesejahteraan awak kapal serta penumpang serta status hukum kapal serta manajemen keselamatan.

Kapal yang berlayar diwajibkan memenuhi persyaratan kelaiklautan kapal atau laik laut (seaworthiness). Apabila tidak memenuhi persyaratan keselamatan kapal, kemungkinan mendapatkan musibah dalam dalam pelayaran cukup besar.

IMG_20181012_084653

“Maka perlu ada upaya untuk meningkatkan keselamatan kapal, sehingga pengoperasian kapal dapat berjalan dengan lancar, aman, dan nyaman, serta terjamin keselamatan penumpang serta barang yang diangkutnya,” kata Capt. Sudiono.

Capt. Sudiono menegaskan, tugas pengawasan dan penegakan peraturan keselamatan berlayar semakin berat, Selain akibat luasnya wilayah perairan nasional, juga saat ini banyam kapal yang beroperasi dengan teknologi tinggi dengan peralatan yang semakin canggih dan mutakhir.

IMG_20181012_090546

Ditambah lagi dengan kecenderungan pemilik dan operator kapal yang lebih mementingkan bisnis atau keuntungan semata dengan mengabaikan aspek keaelamatan.

“Makanya dengan FGD ini kami berharap adanya kesamaan persepsi bahwa keselamatan pelayaran itu sangat penting dan utama, serta dapat berdampak pula kepada kerugian bagi semua pihak, termasuk pemilik dan operator kapal,” kata Capt. Sudiono.

IMG_20181012_083723

Ketua Panitia Pelaksana FGD Capt. Detri Anwar dalam laporannya menyebutkan bahwa kegiatan diskusi ini mengambil tema “Sinergitas Stakeholder Keselamatan Pelayaran dalam Menciptakan Budaya Keselamatan.”

“Peserta FGD berasal dari berbagai institusi pelayaran seperti dari unsur Kantor Kesyahbandaran Utama Pelabuhan Tanjung Priok, pemilik dan operator kapal, INSA, pengusaha depo peti kemas, dan unsur terkait lainnya,” kata Capt. Detri. (aliy/adinda)

Keyword

Artikel Terkait :

-