press enter to search

Kamis, 18/04/2024 20:43 WIB

BPTD Jabar Gelar Ramp check Bus di Terminal dan Tempat Wisata

Redaksi | Jum'at, 12/10/2018 13:11 WIB
BPTD Jabar Gelar Ramp check Bus di Terminal dan Tempat Wisata Foto : Istimewa

IMG-20181011-WA0054

BANDUNG (Aksi.id) – Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) wilayah Jawa Barat menggelar ramp check bus di terminal dan tempat wisata.

Pelaksanaan itu, berdasarkan Surat Dirjen Perhubungan Darat perihal Penertiban dan Penegakan Hukum Angkutan Umum Secara Nasional, maka dilaksanakan kegiatan pengecekan laik kendaraan bus (rampcheck) di sejumlah wilayah Jawa Barat.

“Lokasi pemeriksaan diantaranya Terminal Tipe A Cicahem 11 Oktober 2018,
area Wisata Floating Market Bandung 12 Oktober, dan di area Wisata pemandian air panas Ciater 13 Oktober,” ujar Kepala Seksi Lalu Lintas BPTD IX Jawa Barat, Budi Santoso di Bandung, Kamis (11/10/2018) sore.

Menurutnya, kegiatan dilaksanakan guna meningkatkan keselamatan pada angkutan umum dan upaya menekan tingkat fatalitas korban kecelakaan, khususnya bus pariwisata.

Dalam kegiatan rampcheck ini melibatkan BPTD IX Jawa Barat, Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat, Dinas Perhubungan Kota Bandung, Kepolisian Daerah Jawa Barat, dan Kepolisian Resort Bandung, serta di pantau oleh Ditjen Bina Keselamatan Perhubungan Darat.

“Hasil pemeriksaan di Terminal Tipe A Cicahem, tercatat sebanyak 16 armada bus AKAP yang diperiksa dengan hasil 10 armada di tilang Dishub karena ketidaksesuaian antara trayek, Kartu Pengawasan (KP) dan papan jurusan. Dua armada ditilang polisi karena masa berlaku SIM habis serta empat armada laik dan lulus,” papar dia.

Diharapkan kata Budi, kegiatan dapat berkesinambungan dilakukan demi transportasi yang berkeselamatan.

“Kegiatan ini akan dilakukan juga di PO bus pariwisata di wilayah lainnya di Jawa Barat seperti Kabupaten Cirebon, Kabupaten Kuningan dan Kota Sukabumi,” pungkas Budi. (omy/adinda)

Keyword

Artikel Terkait :

-