press enter to search

Sabtu, 21/09/2019 03:53 WIB

Sebanyak 92 Jembatan Timbang Dioperasikan Kembali Tahun 2019

Redaksi | Jum'at, 19/10/2018 16:45 WIB
Sebanyak 92 Jembatan Timbang Dioperasikan Kembali Tahun 2019

IMG_20181019_122230

LAMPUNG (aksi.id) – Tahun 2019 Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan menargetkan sebanyak 92 jembatan timbang atau unit pelaksana penimbangan kendaraan bermotor (UPPKB) akan dioperasikan.

“Tahun ini sebanyak 43 Jembatan Timbang dioperasionalkan. Ada yang hasil renovasi, membangun baru, dan relokasi,” jelas Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi usai meresmikan Jembatan Timbang Way Urang di Lampung, Jumat (19/10/2018).

Namun penegasan dari pengoperasioan Jembatan Timbang kata dia adalah akuntabilitas, transparan, dan terbuka untuk semua UPPKB yang ada.

Dia juga menyebutkan bahwa pelaksanaan Jembatan Timbang nantinya juga akan disingkronkan dengan jalan tol. Dalam artian bila memang bisa dilalukan relokasi dari jembatan Timbang eksisting, maka dilakukan. Namun bila tidak, maka akan dibangun yang portabel.

“Kita sudah berkoordinasi dengan BPJT terkait keberadaan Jembatan Timbang (JT) dan upaya memberantas ODOL (over dimensi dan over loading),” tutur Budi didampingi Direktur Pembinaan Keselamatan Risal Wasal dan Direktur Prasarana Chandra Irawan.

Pengalaman yang ada di JT Balong Gandung, meski dekat dengan jalan tol namun pada kenyataannya angkutan barang tetap masih banyak memilih berjalan di arteri.

Namun Budi mengemukakan, pihaknya juga tengah menyiapkan JT di dekat tol Semarang yakni Mangkang, sebagai integrasi tol dan JT.

Diharapkan dengan difungsikan kembali JT, maka ODOL semakin mudah ditiadakan dan angkutan barang juga terbiasa menerapkan ketentuan yang berlaku. (omy/ny)