press enter to search

Kamis, 15/11/2018 00:14 WIB

Ditangkap karena Selundupkan Sabu, Artis Asal Thailand Minta Keringanan Hukuman

Dahlia | Kamis, 01/11/2018 22:11 WIB
Ditangkap karena Selundupkan Sabu, Artis Asal Thailand Minta Keringanan Hukuman Foto:ilustrasi

SEMARANG (aksi.id)  - Artis asal Thailand, Wilaiwan Boonyiam yang ditangkap petugas Badan Narkotika Nasional (BNN) Jateng, meminta keringanan hukuman dari majelis hakim Pengadilan Negeri Semarang. Terdakwa mengaku tidak mengetahui jika di dalam tas punggung yang dibawanya tersimpan narkotika jenis sabu.

“Terdakwa ini belum pernah dihukum, selain itu memiliki anak yang masih kecil. Untuk itu kami mohon hukuman seringan-ringannya, Yang Mulia,” kata penasihat hukumnya, Yudhi Tri Permono, saat membacakan nota pembelaan (Pledoi) di hadapan majelis hakim, Kamis (1/11/2018).

Yudhi juga menjelaskan perilaku perempuan cantik itu saat berada di Bandara Ahmad Yani sebelum ditangkap petugas BNN. Wilaiwan terlihat gelisah dan berjalan mondar-mandir hingga mengundang kecurigaan petugas keamanan.

“Klien saya sama sekali tidak tahu jika dirinya membawa sabu di dalam tas. Setelah pemeriksaan x-ray di bandara itu, terdakwa memang mondar-mandir karena menunggu petunjuk. Temannya bernama Tipuan yang memberikan pekerjaan tersebut pada klien saya itu,” lugasnya.

Dia menambahkan, jaksa penunut umum juga perlu mempertimbangkan aspek kemanusiaan untuk mengetahui latar belakang kliennya. Sebagai seorang ibu, terdakwa baru saja dikeluarkan dari tempat pekerjaan sehingga membutuhkan tambahan penghasilan.

“Terdakwa ini posting di Facebook kalau membutuhkan pekerjaan. Kemudian temannya itu menawarkan pekerjaan untuk belanja kosmetik di Indonesia. Dia dimingi gaji 20 ribu Baht. Lalu dia diberi tas, ponsel, dan uang untuk transportasi,” beber dia.

Sebelumnya diberitakan, Wilaiwan Boonyiam tertangkap di Bandara Ahmad Yani, Semarang, pada Minggu 1 Juli. Tas ransel merek Swiss Hear warna hitam yang dibawanya ternyata berisi sabu seberat 1,15 kilogram. Penyanyi kafe itu mengaku disuruh untuk berbelanja di Semarang guna keperluan bisnis. Dia dijanjikan upah senilai 1.500 USD setara Rp21 juta. (Lia/sumber:okezone)

Keyword Sabu thailand