press enter to search

Jum'at, 22/01/2021 08:06 WIB

Driverless, LRT Jakarta akan Melaju Sampai 100 Km Per Jam

Redaksi | Senin, 05/11/2018 15:52 WIB
Driverless, LRT Jakarta akan Melaju Sampai 100 Km Per Jam LRT Jakarta

JAKARTA (Aksi.id) – Proyek pengembangan kereta LRT Jabodebek, harus ada sebuah teknologi baru, sehingga adanya peningkatan di bidang teknologi. “Setiap rangkaian LRT Jabodebek, nantinya mampu melaju dengan kecepatan maksimal 100 km/jam,” sebutalum @kementerian bumn di Jakarta.

LRT Jabodebek ini akan menggunakan sistem “driver less” atau tanpa masinis pada saat pengoperasiannya. Namun meski tanpa adanya masinis dalam LRT, tetap akan ada petugas yang memastikan LRT dapat berjalan dengan baik.

Pembuatan kereta LRT Jakarta tanpa masinis ini merupakan komitmen dari beberapa BUMN yang tergabung dalam konsorsium pembangunan kereta ringan ini. .

Proyek LRT ini ,erupakans alaj satu moda transportasi massal di Jabodetabek. Proyek ini masuk dalam Rencana Induk Transportasi Jabodetabek (RITJ) diditetapkan melalui Perpres tahun 2018.

LRT Jakarta2

LRT Selesai 2019

Kepala BPTJ Bambang Prihatono mengatakan, proyek LRT khususnya di koridor Cibubur-Cwang diproyeksikan selesai dan dioperasikan tahun 2019 mendatang. LRT tersebut selanjutkanya akan menyambung ke Stasiun Sudirman, Jakarta.

Sementara, proyek MRT dari Depo Lebak Bulus Jakarta Selatan ke Blok M, Jakarta dan berlanjut ke Bundara HI diproyeksikan selesai tahun 2019 mendatang. “Kalau semua sudah jadi, maka Stasiun Sudirman dan BNI City akan menjadi pusat permindahan antarmoda transportasi massal di Jakarta,” papar Bambang Pri.

Nanti MRT, LRT dan KRL Jabodetabek akan melintas di Stasioun Sudirman. Selain itu, dari moda transportasi lain seperti BRT yaitu Bus Transjakarta, Transjabodetabek, JR Connexion dan lainnya juga melintasi kawasan Stasiun Sudirman.

“Di tempat inilah nanti orang bisa berpindah moda dengan enak dan mudah sesuai tujuan masing-masing. Ada yang lintas selatan-udara dan juga timur-barat Jakarta. Saat itulah lalu lintas di Jakarta akan terintegrasi dan tertata makin baik dan lancar,” tandas Bambang Pri.(helmi/adinda)