press enter to search

Kamis, 15/11/2018 04:50 WIB

Kunjungan Irjen Kemenhub: Pelabuhan Penyeberangan Kabuena Serui Butuh Rambu Navigasi

Redaksi | Jum'at, 09/11/2018 09:48 WIB
Kunjungan Irjen Kemenhub: Pelabuhan Penyeberangan Kabuena Serui Butuh Rambu Navigasi Inspektur Jenderal (Irjen) Kementerian Perhubungan Wahju Satrio Utomo (Tommy)

KEPULAUAN YAPEN (Aksi.id) – Dalam rangkaian kunjungan ke Kepulauan Yapen, Papua, Inspektur Jenderal (Irjen) Kementerian Perhubungan, Wahju Satrio Utomo, juga mendatangi Pelabuhan Penyeberangan Kabuena, Serui.

Dalam kunjungan itu, Pak Irjen didampingi Wakil Bupati Kepulauan Yapen, Frans Sanadi, Inspektur IV Itjen Imam Hambali, Inspektur V Itjen Heri Sudarmaji, Kepala Unit Penyelenggara Pelabuhan Serui Ditjen Perhubungan Laut Oktovianus C Karubaba, SE, MM, serta pejabat daerah tersebut.

Pelabuhan, yang dibangun Ditjen Perhubungan Darat namun dioperasikan oleh Pemerintak Kabupaten Yapen, itu dilengkapi ramp door untuk loading dan unloading muatan, terutama penumpang.

Plt kepala pelabuhan tersebut, Nolsius Arampi, mengemukakan alur mengalami pendangkalan karena sendimentasi dari sungai. Meski demikian, kapal masih dapat masuk dan ke luar.

Selain itu, dia mengemukakan kapal beberapa kali kandas disebabkan tidak adanya rambu navigasi.

Sedangkan Wakil Bupati Frans Sanadi mengemukakan pelabuhan penyeberangan ini akan dikembangkan karena meningkatnya jumlah warga yang menggunakan kapal feri untuk kepentingan bekerja, kunjungan keluarga atau berwisata.

2018-11-08 10.58.52

2018-11-08 10.59.00

“Kapal feri di sini amat dibutuhkan warga. Karena memang secara demografi, tanah di papua ini begitu banyak pulau-pulau,” jelasnya

Menanggapi penjelasan kepala pelabuhan dan wakil bupati, Irjen Wahju Satrio Utomo mengemukakan akan merekomendasikan kepada Dirjen Perhubungan Laut agar menyediakan rambu navigasi di alur pelabuhan.

“Fasilitas alat bantu navigasi ini dibutuhkan untuk menjaga keselamatan pelayaran kapal-kapal yang berlayar di sini,” tutur mantan Kepala BPSDM Perhubungan Kementerian Perhubungan itu.

PENYEBERANGAN PERINTIS

Di pelabuhan tersebut, sejauh ini melayani KM Masirei. Kapal perintis milik PT Indonesia Ferry itu melayani di pelayaran perintis dengan jadwal Biak – Serui (Selasa), Serui – Waropen – Nabire (Selasa) dan Nabire – Waropen – Serui – Biak (Kamis).

2018-11-08 07.33.16

2018-11-08 07.33.39

2018-11-08 07.33.52

(adinda)