press enter to search

Kamis, 15/11/2018 04:53 WIB

Masalah Suspend Driver Online, Ini Kata Dirjen Budi Setiyadi

Redaksi | Jum'at, 09/11/2018 14:59 WIB
Masalah Suspend Driver Online, Ini Kata Dirjen Budi Setiyadi

JAKARTA (Aksi.id) – Dirjen Perhubungan Darat (Hubdat), Kementerian Perhubungan (Kemenhub)  Budi Setiyadi turut membahas perihal suspend mitra  driver secacara sepihak oleh aplikator yang sering dikeluhkan oleh mitra pengemudi.

“Ini (masalah suspend) memang murni antara mitra pengemudi dengan aplikator. Paling, kita hanya bisa menyampaikan kepada 2 aplikator itu karena yang dituntut adalah untuk tidak sepihak dari aplikator,” kata Dirjen Budi di Jakarta, kemarin.

Minimal, lanjut dia,  mungkin kode etiknya disampaikan betul dari awal saat mereka bekerja sama. “Kalaupun nanti dilakukan suspend setidaknya ada komunikasi yang baik antara mereka (aplikator dan mitra pengemudi),” jelas Dirjen Budi.

“Setidaknya ada lembaga khusus diantara mereka untuk menghindari pemutusan sepihak,” ucap Dirjen Budi tentang suspend sepihak terhadap mitra pengemudi.

Beberapa asosiasi pengemudi juga mengharapkan adanya proses bertahap sebelum pemberian sanksi hingga suspend yang dilakukan oleh aplikator.

Target 20 November

Mengenai regulasi baru pengganti PM 108 ini, Dirjen Budi menargetkan PM baru akan selesai pada 20 November mendatang. Dalam penyusunan regulasi baru ini Dirjen Budi menyebutkan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat akomodatif terhadap keluhan yang disampaikan semua pihak.

Dengan harapan, PM baru nanti sehingga begitu diimplementasikan nantinya tidak ada lagi gejolak dari pihak-pihak yang kurang puas terhadap regulasi yang disusun.(helmi/adinda)