press enter to search

Senin, 17/12/2018 16:20 WIB

Stasiun Sunshine Disetujui Menjadi Penghubung Jalur Kereta Bandara di Melbourne

| Minggu, 25/11/2018 01:55 WIB
Stasiun Sunshine Disetujui Menjadi Penghubung Jalur Kereta Bandara di Melbourne Sunshine Stastion Melbourne

MELBOURNE (aksi.id) - Pemerintah federal Australia di Canberra menyetujui pembangunan jalur kereta dari Bandara Tullamarine di Melbourne menuju ke pusat kota (CBD) dengan stasiun kereta Sunshine akan menjadi stasiun penghubung.

Jalur baru ini akan dibangun dan mulai dioperasikan dalam masa sembilan tahun dalam rencana yang diungkapkan oleh AirRail Melbourne, sebuah konsorsium swasta antara lain beranggotakan Melbourne Airport, pengelola bandara saat ini dan Metro Trains yang menjalankan kereta.

Proyek ini akan dibangun dalam waktu enam sampai tujuh tahun, dimulai dimulai di akhir tahun 2020 dan dibuka setelah Melbourne Metro (proyek kereta bawah tanah) dibukan tahun 2027.

Menteri Transportasi Publik negara bagian Victoria Jacinta Allan mengatakan pemerintah negara bagiannya sudah bekerjasama baik dengan pemerintah federal dalam usaha membangun jalur kereta dan stasiun di Sunshine yang akan menjadi penghubung utama bagi warga di Victoria.

"Pemerintah negara bagian yang dipimpin Partai Buruh di bawah Daniel Andrees selalu mendukung rute Sunshine sebagai rute yang kami kehendaki, dan sekarang menyambut baik keputusan pemerintah pusat yang mendukung rute tersebut.` kata Allan.

Menurut kesepakatan, konsorsium, pemerintah Victoria, dan pemerintah federal masing-masing akan menyediakan dana $ 5 miliar.

Proyek ini akan meliputi jalur kerea baru sepanjang 27 kilometer yang menghubungkan stasiun Southern Cross di pusat kota melewati `super hub` di Sunshine ke bandara.

Juga akan dibangun dua terowongan antara Southern Cross dan Sunshine dan adanya stasiun bawah tanah baru di bandara.

"Akan ada pembangunan besar-besaran di kawasan Sunshine." kata Allan.

"Ini akan, menurut saya, jadi seperti stasiun Southern Cross dimana kereta regional dan metropo0litan akan bertemu dan bisa terhubung ke bandara Melbourne."

Jacinta Allan mengatakan kunci bagi proyek ini agar berjalan sesuai rencana adalah penyelesaian segera terowongan Metro yang sedang dibangun di beberapa bagian kota Melbourne terutama di pusat kota.

Pemimpin partai oposisi di negara bagian Victoria Matthey Guy dari Partai Liberal mengatakan dia yakin bahwa rute Sunshine adalah opsi terbaik bagi jalur kereta ke bandara.

"Sekarang inilah rute yang disetujui oleh semua pihak dan saya kira semua pihak sekarang berpikiran sama, mari kita selesaikan." katamya.

"Siapapun yang memenangkan pemilihan akan melanjutkan proyek ini."

Pemilihan umum di negara bagian Victoria akan berlangsung hari Sabtu (24/11/2018).

Yang berkuasa saat ini adalah Partai Buruh dengan Menteri Utamanya Daniel Andrews.

Pesaing utamanya dari Partai Liberal dengan Matthew Guy sebagai ketuanya saat ini.

 

Sumber: abc.net.au