press enter to search

Minggu, 16/12/2018 21:42 WIB

Menhub Ingin STIP Lebih Dekat, Bahkan Memberikan Beasiswa Pada Putra Sekitar Kampus Yang Berprestasi

Redaksi | Selasa, 04/12/2018 15:12 WIB
Menhub Ingin STIP Lebih Dekat, Bahkan Memberikan Beasiswa Pada Putra Sekitar Kampus Yang Berprestasi

IMG-20181202-WA0006

JAKARTA (Aksi.id) – Menhub Budi Karya Sumadi meminta kepada pihak kampus STIP Jakarta agar lebih dekat dengan masyarakat sekitar (kampus), khususya warga Marunda, Jakarta Utara.

“Saya minta STIP lebih dekat dengan masyarakat sekitar. Salah satunya dengan program padat karya, dan juga Diklat Pemberdayaan Masyarakat (DPM) ini, sehingga masyarakat sekitar juga merasakan manfaat dari kehadiran STIP itu sendiri,” kata Menhub Budi Karya di kamus STIP, Jakarta, Minggu (2/12/2018) petang.

Menhub menambahkan, bahwa ke depan program DPM di Kemenhub dan seluruh kampus transportasi BPSDMP akan terus ditingkatkan. “Ke depan kita lanjutkan. Bahkan tahun depan, Januari 2019 program DPM sudah dimulai,” jelas Menhub lagi.

Seperti diketahui, program DPM Kemenhub tahun 2018 ini menyiapkan kuota untuk 100 ribu orang. Mereka bisa mengikuti DPM di berbagai kampus transportasi di Tanh Air. Tentunya dengan berbagai jenis dan kemampuan diklat yang ada.

Khusus DIM yang ditutup hari ini, data STIP menyebutkan, peserta DPM STIP Jakarta diikuti oleh 191 orang peserta yang berasal dari SMKN 4 Cilegon (32 orang), SMK Taruna Indonesia Jambi (36 orang), Dinas Perhubungan Kepulauan Seribu (39 orang), Lembaga Kepelautan dan Perikanan Indonesia (34 orang) dan SMKN Jakarta Raya (50 orang).

Menhub berharap, DM bukan hanya berhenti di diklat. Jika mungkin, bisa memfasilitasi bisa merah kerja atau membangunusaha yang baik dan mapan. Dengan begitu, hasil yang dberikan akan lebih maksimal.

Menurut Menhub, pihaknya menitikberatkan program (DPM) ini terhadap pembentukan karakter SDM Indonesia. “Selain keahlian teknis, yang terpenting lagi adalah membentuk akhlak para peserta, tidak ada gunanya kita pintar tapi tidak berakhlak yang baik,” tukas dia.

IMG-20181202-WA0006

Beasiswa Putra Daerah

Lebih lanjut, Menhub Meminta pihak STIP jika mungkin memberikan beasiswa pendidikan bagi putra daerah khususnya Marunda, Jakarta Utara untuk bisa mengikuti pendidikan di STIP. “Tentunya bagi putra-putri daerah yang baik, berkualitas dan memenuhi syarat,” papar Menhub.

“Begitu ya Pak Marihot (Ketua STIP Jakarta-red). Kalau mungkin, STIP memberikan beasiswa bagi putra daerah sekitar kampus ini,” kata Menhub Budi Karya di dampiingi para pejabat Kemenhub termasuk Ketua STIP Jakarta.

Sementara, Ketua STIP Capt. Marihot Simanjuntak, pun langsung menjawab “Siap”, saat merespon instruksi Menhub Budi Karya tersebut.

Kampus STIP Jakarta, menurut Marihot, siap menerima dan memberikan beasiswa bagi bagi putra-putri sekitar kampus StIP (Marunda, Cilincing Jakarta Utara) untuk melanjutkan pendidikan di STIP.

“Kita siap. Jika memang baik dan memenuhi syarat, tentu STIP tidak keberatan memberikan beasiswa kepada putra daerah yang berpestasi. “STIP siap maju serta memberdayakan masyarakat sekitar,” tandas Capt. Marihot.(helmi/adinda)