press enter to search

Minggu, 16/12/2018 22:21 WIB

Jika Sudah Diresmikan, Menteri Basuki: Tarif Tol Satu Kali Perjalanan dari Jakarta-Surabaya Sebesar Rp478.000

Redaksi | Kamis, 06/12/2018 16:45 WIB
Jika Sudah Diresmikan, Menteri Basuki: Tarif Tol Satu Kali Perjalanan dari Jakarta-Surabaya Sebesar Rp478.000 Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono

JAKARTA (Aksi.id) – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyampaikan tarif tol yang berlaku satu kali perjalanan dari Jakarta-Surabaya yaitu sebesar Rp478.000. Jumlah itu untuk kendaraan golongan satu atau sekelas sedan/ kijang.

“Dengan catatan, ini adalah besaran angka untuk perhitungan seluruh ruas tol yang diresmikan dan bertarif,” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono di Jakarta, kemarin.

Oleh karena itu, Menteri PUPR itu memastikan tarif tol masih kebih murah dibandingkan naik pesawat dari Jakarta ke Surabaya. “Bila menggunakan pesawat terbang tarifnya berkisar antara Rp800.000 hingga Rp 1,3 juta tergantung maskapai dan waktu penerbangannya,” jelas Basuki.

Dia menyebutkan, begitu nanti diresmikan Pak Presiden sebelum Natal, berarti sudah harus ada ancang-ancang tarifnya, jangan sampai lebih mahal dari pesawat.

Segera Direamikan

Seperti diketahui, ada empat ruas Tol Trans Jawa yang kini belum diresmikan, yaitu Tol Semarang-Solo Seksi Salatiga-Boyolali (22,4 kilometer) dan Boyolali-Kartasura (11,1 kilometer), dan Tol Ngawi-Kertosono ruas Wilangan-Kertosono (37,97 kilometer).

Kemudian, Tol Batang-Semarang sepanjang 74,2 kilometer dan Tol Pemalang-Batang sepanjang 33,7 kilometer.

Saat ini, tambah Basuki, progres konstruksi untuk keempat ruas tol tersebut sudah di atas 95 persen dan tinggal dilaksanakan pekerjaan finalisasi.(helmi/berbagai sumber/adinda)

Keyword KemenPUPR