press enter to search

Minggu, 16/12/2018 23:23 WIB

Emisi Karbon Capai Rekor Tertinggi Tahun Ini

| Jum'at, 07/12/2018 01:43 WIB
Emisi Karbon Capai Rekor Tertinggi Tahun Ini Menurut laporan tahunan yang dirillis oleh Global Carbon Project, setelah tiga tahun hampir tak ada peningkatan, emisi karbon dari bahan bakar fosil dan industri diproyeksikan meningkat sebesar 2,7 persen pada 2018.

WASHINGTON (aksi.id) - Emisi global karbon dioksida telah meningkat secara nyata dan diperkirakan mencapai rekor tertingginya tahun ini.

Menurut laporan tahunan yang dirillis oleh Global Carbon Project, setelah tiga tahun hampir tak ada peningkatan, emisi karbon dari bahan bakar fosil dan industri diproyeksikan meningkat sebesar 2,7 persen pada 2018.

Laporan itu diterbitkan saat representatif dari 200 negara bertemu dalam konferensi perubahan iklim tahunan PBB di Polandia untuk membahas implementasi Kesepakatan Paris.

Mengurangi emisi karbon adalah agenda paling utama dari kesepakatan itu, yang bertujuan memerangi perubahan iklim dengan menjaga kenaikan suhu global abad ini di bawah 2 derajat Celcius.

Berdasarkan laporan tersebut, emisi global selama tahun 2017 didominasi oleh China sebesar 27 persen, diikuti AS dengan 15 persen, Uni Eropa dengan 10 persen, dan India dengan 7 persen.

Tahun ini, emisi bahan bakar fosil diperkirakan meningkat sebesar 4,7 persen di China, 6,3 persen di India, 2,5 persen di AS, dan turun 0,7 persen di UE.

Emisi di China meningkat seiring bertambahnya penggunaan batu bara yang menyumbang sekitar 60 persen dari total konsumsi energi negara dan 40 persen perubahan iklim terkait dengan emisi gas rumah kaca.

Peningkatan emisi di AS sebagian besar didorong oleh cuaca, sementara emisi India meningkat karena faktor ekonomi.

"Meskipun begitu, puncak emisi global belum terlihat," papar laporan itu.