Kemenhub Komit Wujudkan Pelayanan Berorientasi Publik
PALEMBANG (Aksi.id) – Kementerian Perhubungan komit wujudkan pelayanan berorientasi publik melalui perbaikan yang harus dilakukan dengan mendengarkan aspirasi sebagai upaya bagi peningkatan partisipasi masyarakat.
Hal itu dilakukan oleh semua sub sektor di Kemenhub tak terkecuali di lingkungan Ditjen Perhubungan Laut. Kepala Distrik Navigasi Kelas I Palembang, Supardi menyampaikannya saat membacakan sambutan Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Laut pada Workshop Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik di Lingkungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Tahun 2018, Selasa (4/12/2018).
“Dengan diberlakukannya Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik, tuntutan masyarakat untuk mendapatkan pelayanan yang berkualitas terus meningkat dari waktu ke waktu. Menjadi kewajiban pemerintah baik pemerintah pusat maupun daerah untuk memberikan pelayanan yang cepat, efisien, efektif dan transparan,” ujarnya.
Pelayanan publik merupakan salah satu variabel yang menjadi ukuran bagi keberhasilan pelaksanaan Good Governance atau pemerintahan yang baik.
Oleh karenanya, guna mendukungnya, diminta agar ke depan penyelenggaraan pelayanan publik oleh seluruh jajaran Ditjen Perhubungan Laut harus dapat berjalan secara cepat, transparan, akuntabel, dan partisipatif.
Dituturkan dia, secara umum pelayanan publik yang dilakukan saat ini sudah berjalan baik. Namun demikian harus disadari, masih banyak masyarakat yang menganggap pelayanan publik belum dilakukan secara efektif.
“Kondisi ini disebabkan adanya beberapa faktor, antara lain masih adanya prosedur yang berbelit-belit, petugas yang terkadang tidak profesional bahkan layanan publik di Indonesia dicitrakan sebagai salah satu sumber pratik pungutan liar,” imbuh dia.
Pada kesempatan itu, dilaksanakan penyerahan buku “TOP 99 Tahun 2018″ dari Kementerian PAN-RB kepada Kemenhub yang berisi prestasi dan inovasi dalam pelayanan publik. (omy/adinda)
Artikel Terkait :
-Artikel Terbaru :
TERPOPULER
- Ramadan Berkah, Polres Metro Bekasi Kota Bagikan Takjil Kepada Warga dan Pengguna Jalan
- Berikan Kenyamanan Pemudik, Pemkot Bekasi Benahi Jalur Mudik
- Mobil Dihantam KA di Perlintasan Sebidang Bulak Kapal Bekasi Timur, Pengemudi dan Penumpang Luka
- 4 Jalan Tol Fungsional Dibuka Gratis saat Mudik Lebaran 2024
- Korlantas Bakal Dirikan Pos Pantau di Titik Krusial Cegah Kepadatan Mudik Lebaran
- Korlantas Siapkan Strategi Antisipasi Kepadatan Pemudik di Jalur Penyeberangan
- Komisi VI DPR RI Apresiasi Kontribusi Aktif Jasa Raharja Dalam Setiap Momen Mudik Lebaran
- Jasa Raharja Gorontalo Sampaikan Rencana Aksi Pencegahan Kecelakaan Dalam Rapat FKLL di Satlantas Polres Bone Bolango
- Tarif Bus Handoyo Alami Kenaikan saat Mudik Lebaran, Segini Harganya
- Gelar Safari Ramadhan, Rivan A. Purwantono Ungkapkan Standar Pelayanan Samsat Sudah Bertransformasi, Cepat dan Nyaman