press enter to search

Minggu, 16/12/2018 22:19 WIB

Kemenhub Komit Wujudkan Pelayanan Berorientasi Publik

Redaksi | Jum'at, 07/12/2018 16:17 WIB
Kemenhub Komit Wujudkan Pelayanan Berorientasi Publik Foto: Istimewa

PALEMBANG (Aksi.id) – Kementerian Perhubungan komit wujudkan pelayanan berorientasi publik melalui perbaikan yang harus dilakukan dengan mendengarkan aspirasi sebagai upaya bagi peningkatan partisipasi masyarakat.

Hal itu dilakukan oleh semua sub sektor di Kemenhub tak terkecuali di lingkungan Ditjen Perhubungan Laut. Kepala Distrik Navigasi Kelas I Palembang, Supardi menyampaikannya saat membacakan sambutan Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Laut pada Workshop Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik di Lingkungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Tahun 2018, Selasa (4/12/2018).

“Dengan diberlakukannya Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik, tuntutan masyarakat untuk mendapatkan pelayanan yang berkualitas terus meningkat dari waktu ke waktu. Menjadi kewajiban pemerintah baik pemerintah pusat maupun daerah untuk memberikan pelayanan yang cepat, efisien, efektif dan transparan,” ujarnya.

Pelayanan publik merupakan salah satu variabel yang menjadi ukuran bagi keberhasilan pelaksanaan Good Governance atau pemerintahan yang baik.

Oleh karenanya, guna mendukungnya, diminta agar ke depan penyelenggaraan pelayanan publik oleh seluruh jajaran Ditjen Perhubungan Laut harus dapat berjalan secara cepat, transparan, akuntabel, dan partisipatif.

Dituturkan dia, secara umum pelayanan publik yang dilakukan saat ini sudah berjalan baik. Namun demikian harus disadari, masih banyak masyarakat yang menganggap pelayanan publik belum dilakukan secara efektif.

“Kondisi ini disebabkan adanya beberapa faktor, antara lain masih adanya prosedur yang berbelit-belit, petugas yang terkadang tidak profesional bahkan layanan publik di Indonesia dicitrakan sebagai salah satu sumber pratik pungutan liar,” imbuh dia.

Pada kesempatan itu, dilaksanakan penyerahan buku “TOP 99 Tahun 2018″ dari Kementerian PAN-RB kepada Kemenhub yang berisi prestasi dan inovasi dalam pelayanan publik. (omy/adinda)

Keyword

Artikel Terkait :

-