press enter to search

Kamis, 28/03/2024 15:30 WIB

Gunung Soputan 3 Kali Erupsi Sejak Ahad Pagi

| Minggu, 16/12/2018 10:18 WIB
Gunung Soputan 3 Kali Erupsi Sejak Ahad Pagi

MINAHASA TENGGARA (akso.id) - Gunung Soputan yang berada di Kabupaten Minahasa Tenggara tiga kali mengalami erupsi sejak Ahad dini hari.

Menurut Pos Pemantau Gunung Soputan di Silian, erupsi pertama yang disertai suara gemuruh terjadi pukul 01.02 Wita dengan amplitudo 40 milimeter.

"Letusan kedua terjadi pukul 03.09 Wita dengan tinggi kolom abu mencapai 3.000 meter dari puncak gunung. Kolom abu berwarna kelabu dengan intensitas tebal mengarah ke tenggara. Erupsi terekam dalam seismograf dengan amplitudo 40 milimeter, " kata Kepala Pos Pemantau Gunung Soputan Asep Saifullah di Silian.

Erupsi terjadi lagi pukul 05.40 Wita dengan tinggi kolom abu teramati 7.000 meter dari puncak gunung.

"Kolom abu berwarna kelabu dengan intensitas tebal dan ini mengarah ke arah barat daya," katanya.

Asep mengimbau warga tidak melakukan aktivitas dalam radius 4,5 sampai enam kilometer dari puncak Gunung Soputan, serta menyarankan warga menyiapkan masker untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya hujan abu.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Minahasa Tenggara Ferry Uway menyatakan BPBD siaga mengantisipasi dampak peningkatan aktivitas vulkanik Gunung Soputan.

"Kami sudah bersiaga di sekitar lokasi yang terdampak, dengan menyiapkan penanganan seperti pembagian masker," kata dia. )antara).