press enter to search

Jum'at, 29/03/2024 18:20 WIB

Kantor Pelabuhan Kuala Samboja Mulai Dioperasikan

Redaksi | Minggu, 16/12/2018 16:19 WIB
Kantor Pelabuhan Kuala Samboja Mulai Dioperasikan Dirjen Perhubungan Laut Kemenhub R Agus H Purnomo

BALIKPAPAN (aksi.id) - Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kelas III Kuala Samboja, Balikpapan Kalimantan Timur sah dioperasikan setelah diresmikan Dirjen Perhubungan Laut, R. Agus H. Purnomo, Sabtu (15/12/2018).

Pembangunan dan rehabilitasi Gedung Kantor UPP Kelas III Kuala Samboja beserta fasilitas pendukung lainnya yang dimulai sejak awal tahun 2018 ini, telah selesai hampir bersamaan dengan saat dimulainya Angkutan Laut Natal 2018 dan Tahun baru 2019.

"Saat ini telah berdiri gedung kantor yang cukup baik yang dibiayai oleh APBN Tahun Anggaran 2018. Saya berharap suasana baru ini dapat menambah semangat kerja para petugas di UPP Kuala Samboja dan semakin mendekatkan pelayanan kepada masyarakat," ungkap Agus.

Pada kesempatan tersebut, dia juga memberikan pengarahan terkait persiapan kegiatan Angkutan Laut Natal 2018 dan Tahun baru 2019 di Provinsi Kalimantan Timur.

"Menjelang datangnya liburan Natal dan Tahun baru tentu akan terjadi peningkatan kegiatan masyarakat di semua wilayah termasuk di sini. Peningkatan kegiatan masyarakat ini, sudah tentu akan berdampak pada kenaikan mobilisasi barang dan penumpang angkutan laut terutama bagi yang akan merayakan masa liburan," urainya.

Kepala UPP Kuala Samboja, Junaidi mengatakan bahwa pihaknya akan meningkatkan pengawasan dan penyediaan sarana angkutan laut yang andal dan memadai.

Untuk itu, bersama para stakeholder dan lembaga-lembaga pengamanan seperti Kepolisian, TNI serta institusi lainnya di Pelabuhan Kuala Samboja untuk saling bekerja sama dalam menghadapi lonjakan penumpang ataupun barang yang mungkin terjadi.

"Tugas penyelenggaraan Angkutan Laut Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 adalah tugas mulia sekaligus berat bagi seluruh jajaran Ditjen Perhubungan laut yang harus dilaksanakan dengan rasa penuh tanggung jawab," katanya.

Dia memastikan seluruh jajaran UPP Kuala Samboja mampu memberikan kontribusi yang optimal dan sungguh-sungguh dalam melaksanakan pengawasan terhadap keselamatan pelayaran pada masa Angkutan Laut Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 ini.

"Kami juga melaksanakan uji petik kelaiklautan kapal penumpang guna memastikan terpenuhinya standar keselamatan pelayaran agar seluruh moda kapal dapat melayani calon penumpang pada masa liburan natal dan tahun baru serta menghimbau para calon penumpang agar memiliki tiket resmi sehingga tidak ada lagi pungli yang tejadi pada saat musim liburan," tegasnya. (omy)

Keyword

Artikel Terkait :

-