press enter to search

Jum'at, 18/01/2019 21:38 WIB

Tsunami Selat Sunda: 12 Mahasiswa Universitas Diponegoro Terjebak di Pulau Legundi

| Selasa, 25/12/2018 16:01 WIB
Tsunami Selat Sunda: 12 Mahasiswa Universitas Diponegoro Terjebak di Pulau Legundi

TANGGAMUS (aksi.id) - Sebanyak 12 mahasiswa terjebak di Pantai Pulau Legundi, Kabupaten Pesawaran, Lampung saat tsunami melanda kawasan Selat Sunda, Sabtu (22/12) malam.

Kepala Pos SAR Tanggamus, Lampung Denny Mezzu mengatakan selain 12 mahasiswa tersebut bersama sejumlah warga terjebak di pulau tersebut.

Denny mengatakan mahasiswa yang terjebak tersebut berasal dari Universitas Diponegoro. Mereka saat ini sudah berada di daerah tinggi.

Saat ini menurutnya, petugas penyelamat tengah mengevakuasi warga dan mahasiswa tersebut. "Masih kami proses evakuasi di dataran tinggi bersama masyarakat sekitar," katanya seperti dikutip dari Antara, Minggu (24/12/2018).

Denny mengatakan saat tsunami terjadi, mahasiswa tersebut berhasil menyelamatkan diri. Para mahasiswa tersebut memiliki kemampuan berenang.

"Semalam mereka terjebak, karena mereka (mahasiswa) punya keahlian menyelam jadi mereka melakukan pertolongan pertama kepada masyarakat sambil naik ke daratan lebih tinggi," dia menerangkan.

Tsunami melanda kawasan sekitar Selat Sunda pada Sabtu (22/12) malam. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika menyatakan tsunami kemungkinan terjadi karena longsor bawah laut akibat erupsi Gunung Anak Krakatau dan gelombang pasang akibat gerhana bulan purnama.