press enter to search

Kamis, 27/06/2019 17:49 WIB

Kedatangan Kapal Pesiar MS Le Laperouse Disambut & Dikawal KSOP Kumai Kotawaringin Barat

| Selasa, 08/01/2019 07:07 WIB
Kedatangan Kapal Pesiar MS Le Laperouse Disambut & Dikawal KSOP Kumai Kotawaringin Barat Kapal KPLP Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IV Kumai menyambut dan mengawal.kedatangan kapal cpesiar MS Le Laperouse, Selasa (8/1/2019) pagi.

KUMAI (aksi.id)  -  Kapal KPLP Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IV Kumai menyambut dan mengawal.kedatangan kapal cpesiar MS Le Laperouse, Selasa (8/1/2019) pagi.

Kapal berbobot 9.900 GT itu dikawal hingga  singgah di Pelabuhan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar),  Kalimantan Tengah.

Penyambutan dan pengawalan kedatangan kapal itu langsung dipimpin Kepala KSOP Kelas IV Kumai, Capt. Wahyu Prihanto.

Dia menjelaskan bahwa informasi tersebut didapat dari shipping agency bahwa kapal Cruise Le Laperouse berbendera Perancis akan tiba di muara Kumai Kab. Kobar pada hari Selasa, 8 Januari 2019 pkl 04.00 WIB dan direncanakan melanjutkan perjalanannya menuju Banyuwangi pada Selasa 9 Januari 2019.

 

 

"Adapun jumlah penumpang wisatawan sebanyak 169 wisatawan asing yang rencananya akan berwisata di Kumai seperti melihat cagar hutan alam dan Orang Utan di Tanjung Puting serta budaya-budaya lainnya di wilayah Kobar Kalimantan Tengah," ujar Capt. Wahyu.

 

 

Mengingat ukuran Kapal Cruise yang dibangun pada tahun 2018 tersebut sangat besar dan tidak bisa sandar di Pelabuhan Kumai maka KSOP Kumai telah menyiapkan lokasi anchorage kapal dimaksud.

"Nantinya, penumpang kapal akan dibagi atas 2 grup yang mana setiap group beranggotakan masing-masing sekitar 80 orang yang akan dijemput oleh kapal tradisional," jelasnya.

Capt. Wahyu memastikan bahwa ia akan memberikan layanan kenavigasian dimulai dari kapal tersebut masuk ke alur laut hingga nanti kapal tersebut lego jangkar.

 

"Kita akan berikan layanan sebaik-baiknya saat kedatangan kapal tersebut. Selain itu, kami memastikan kapal tradisional yang akan mengangkut mereka dari kapal cruise tersebut sudah memenuhi aspek keselamatan pelayaran yang salah satunya menyiapkan life jacket untuk para wisatawan tersebut," ujar Capt. Wahyu.

Capt. Wahyu juga mengatakan bahwa ia akan berkoordinasi dengan Karantina Pelabuhan, Imigrasi, Bea Cukai, Kepolisian untuk kelancaran kedatangan kapal cruise tersebut.

Sebagai informasi, kapal cruise MV. Le Laperouse adalah kapal utama kelas Pelayaran Ponant dari kapal pesiar yang dioperasikan oleh Ponant. Adapun kapal tersebut dinamakan dengan nama perwira angkatan laut Prancis, Jean-François de Galaup, comte de Lapérouse. (awe).