press enter to search

Jum'at, 18/01/2019 21:36 WIB

Kapal Tanker MT Aulac Fortune Meledak & Terbakar, 24 Kru Berloncatan ke Laut, 1 Orang Tewas dan 3 Hilang

| Selasa, 08/01/2019 16:19 WIB
Kapal Tanker MT Aulac Fortune Meledak & Terbakar,  24 Kru Berloncatan ke Laut, 1 Orang Tewas dan 3 Hilang Kapal tanker Aulac Fortune meledak dan terbakar di Hong Kong (Foto: Facebook Kepolisian Hong Kong)

HONG KONG (aksi.id)  - Sedikitnya satu kru tewas setelah kapal tanker yang mengangkut minyak dan bahan kimia, MT Aulac Fortune, meledak dan terbakar di lepas pantai Pulau Lamma, Hong Kong, Selasa (8/1/2019). Selain itu tiga kru lainnya hilang setelah melompat ke laut.

Petugas SAR menyelematkan 24 kru yang loncat ke laut untuk menghindari api. Empat di antaranya mengalami luka dan dibawa ke RS Runttonjee di Wan Chai.

Lokasi kecelakaan sekitar 1,6 kilometer sebelah selatan Pulau Lamma pada pukul 11.30 waktu setempat.

Menurut kepolisian Hong Kong, kapal nahas itu diketahui teregistrasi di Vietnam. Pemeriksaan awal menunjukkan, ada 25 kru di kapal saat ledakan dan kebakaran terjadi.

"Ada satu kali ledakan dan orang-orang loncat ke air," ujar juru bicara kepolisian, dikutip dari South China Morning Post dan dikutip inews.id.

Kuatnya ledakan juga dikisahkan warga di pantai. Mereka yang tinggal Discovery Bay dan Mui Wo di Pulau Lantau mendengar suara ledakan dahsyat, bahkan sampai membuat kaca jendela bergetar. Padahal jarak mereka dengan kapal lebih dari 2 kilometer.

Operasi pencarian korban melibatkan kapal polisi, kapal pemadam kebakaran, serta helikopter pemerintah masih berlangsung.

Aulac Fortune tiba di Hong Kong pada Selasa dini hari dan kontak terakhir dengan pelabuhan berlangsung saat kapal melintas di Dongguan, Provinsi Guangdong.