press enter to search

Kamis, 21/03/2019 22:34 WIB

Cerai dari Jeff Bezos, Istrinya Bisa Kebagian Harta Rp930 Triliun

| Kamis, 10/01/2019 13:25 WIB
Cerai dari Jeff Bezos, Istrinya Bisa Kebagian Harta Rp930 Triliun Jeff Bezos dan istri

WASHINGTON (aksi.id) - Perceraian Jeff Bezos bisa menjadi yang termahal dalam sejarah. Bagaimana tidak, ongkos perceraian Bezos dan istrinya diperkirakan akan menggelembung tergantung kompleksitas hukum perkawinan dan nilai Amazon.

Bezos mengumumkan dalam tweet nya Rabu (9/1) bahwa ia dan istrinya yang telah menikah selama 25 tahun, MacKenzie, telah memutuskan untuk bercerai. Cuitannya juga menuliskan bahwa mereka siap berpisah dengan baik-baik dan tetap menjadi keluarga dan tetap saling menghargai satu sama lain.

"Kami tetap keluarga dan kami tetap menjadi teman yang saling menghargai," tulis tweetnya, Rabu malam, sebagaimana dikutip dari CNBC Make It, Kamis (10/1/2019).

Tapi, bisa jadi juga perpisahan mereka akan diselesaikan baik-baik tanpa menyinggung dan membawa-bawa kekayaan Jeff Bezos, yang terakhir dihitung US$ 137 miliar atau Rp 1,9 kuadriliun. 

Kemungkinan lainnya adalah dengan mempertimbangkan lokasi pasangan ini bermukim, yakni Washington. Negara bagian ini memiliki hukum yang mengatur kekayaan properti begitu rupa. 

Yakni, saat pasangan bercerai maka kekayaan yang dihasilkan selama pernikahan dibagi secara adil kepada keduanya. 

Mengingat Amazon didirikan setahun setelah Bezos menikah, MacKenzie dapat berargumentasi bahwa ia berhak atas setengah dari seluruh kekayaan Bezos yang berbasis di Amazon. Dimana dia bisa mendapatkan sebanyak US$ 66 miliar (Rp 930 triliun) berdasarkan nilai perusahaan hari ini.

Untuk mendanai penyelesaian sebesar itu, Bezos disinyalir akan menjual atau menjaminkan saham, yang dapat melemahkan kepemilikan dan kendali perusahaan. Bezos memiliki kurang dari 80 juta saham Amazon, atau hanya di bawah 16 persen dari perusahaan, menurut peraturan.

Tetapi pengacara perceraian mengatakan bahwa kemungkinan besar MacKenzie ingin kekayaan keluarga terus tumbuh dan itu sebagian besar terkait dengan kendali Jeff Bezos terhadap perusahaan. 

Jadi MacKenzie tidak akan mungkin mendorong penyelesaian yang akan mengharuskan Bezos untuk menjual saham yang akan melemahkan kontrolnya dan setiap pengurangan kepemilikannya di perusahaan.

"Masalahnya adalah bagaimana menilai aset dengan kontrol yang berkurang," kata Jeffrey Fisher, seorang pengacara perceraian di West Palm Beach, Florida, yang telah menangani beberapa perceraian para miliarder. 

Dia menuturkan bahwa akan ada argumen oleh pengacara bahwa ada risiko Amazon tidak bernilai banyak tanpa Bezos yang memegang kendali, sehingga ini akan mempengaruhi penyelesaian apapun.

Sementara perceraian di AS yang paling mahal sejauh ini disinyalir adalah dari Steve dan Elaine Wynn pada 2010, yang diperkirakan mencapai US$ 1 miliar (Rp 14 triliun). Taipan minyak Harold Hamm juga menulis cek untuk US$ 974.800.000 (Rp 13 triliun) pada tahun 2015 untuk perceraiannya.

Cerai dengan Jeff Bezos, Wanita Ini Bisa Dapat Rp 930 T Foto: Infografis CNBC Indonesia





(gus)