press enter to search

Kamis, 21/03/2019 22:34 WIB

Eksotisnya Naik Kereta Jelajahi Kota Kuno & Pedalaman Rusia

| Jum'at, 11/01/2019 07:43 WIB
Eksotisnya Naik Kereta Jelajahi Kota Kuno & Pedalaman Rusia Dulu, Kereta Api Circum-Baikal merupakan bagian dari Trans-Siberia. Namun, pembangunan PLTA Irkutsk menyebabkan beberapa bagian jalur kereta menjadi terendam, sehingga rute itu menjadi jalan buntu. Saat ini, jalur ini dilalui oleh kereta turis dan penumpang reguler.
MOSKOW (aksi.id) - Jelajahi kota-kota Rus kuno, selami Danau Baikal yang terkenal, dan ikuti tur dengan kereta-kereta api bergaya retro.

Ada banyak cara untuk mengeksplorasi Rusia. Kalau mau, Anda bisa menjelajahi nigara ini dari balik jendela kereta api. Bertualang dengan kereta api bisa memakan waktu mulai dari beberapa jam hingga seminggu, tapi pilihan ada di tangan Anda.

1. Winter Express di sekitar Oblast Moskovskaya

Katedral Voskresensky, bagian dari Biara Novoiyerusalimsky, Istra.

Ada banyak tempat menarik di sekitar Moskow. Di Kolomna, misalnya, Anda harus mencicipi pastila (penganan buah) apel yang terkenal; di Istra, pastikan Anda mengunjungi Biara Novoiyerusalimsky; di Sergiev Posad, mampirlah ke museum mainan. Anda bisa sampai di sana dengan naik kereta bertema khusus yang sangat nyaman, baik seorang diri maupun sebagai bagian dari tur. Kereta dan rutenya berganti setiap musim: hingga akhir Februari, Anda dapat mengunjungi pameran Tahun Baru di Winter Express, atau merayakan maslenitsa dan makan panekuk. Selama beberapa kali dalam satu musim, tur diadakan sepenuhnya secara gratis. Anda bisa mendaftar di situs dan memesan pemandu berbahasa Inggris.

2. Imperial Russia dari Moskow ke Vladivostok

Bagaimana dengan bertualang di atas Kereta Api Trans-Siberia yang legendaris, yang menghubungkan Moskow dan Vladivostok? Bayangkan saja, Anda naik kereta pada hari Senin, turun pada hari Senin berikutnya, tapi Anda masih di Rusia! Kereta biasa beroperasi setiap hari, melewati Ekaterinburg, Novosibirsk, Tyumen, Krasnoyarsk, Irkutsk, dan banyak kota lainnya dengan pemberhentian singkat masing-masing 15 – 20 menit.

Tentu, Anda tidak perlu menghabiskan seminggu penuh di atas kereta — Anda bisa saja naik kereta selama beberapa hari dan singgah.

Perjalaanan dengan kereta wisata Imperial Russia berlangsung selama dua pekan, tetapi mencakup pemberhentian sepanjang hari, ekskursi, makan, dan bahkan pelayaran di atas kapal pesiar pribadi di Vladivostok. Selain itu, ada pula tur opsional ke Beijing. Bisakah Anda memikirkan perjalanan yang lebih baik?

3. Circum-Baikal Express

Dulu, Kereta Api Circum-Baikal merupakan bagian dari Trans-Siberia. Namun, pembangunan PLTA Irkutsk menyebabkan beberapa bagian jalur kereta menjadi terendam, sehingga rute itu menjadi jalan buntu. Saat ini, jalur ini dilalui oleh kereta turis dan penumpang reguler. Ini adalah rute terbaik untuk melihat keindahan Danau Baikal.

Perjalanan dimulai dari Stasiun Slyudyanka (dapat dicapai dari Irkutsk) hingga ke Stasiun Port Baikal. Kereta itu membuat beberapa perhentian di sepanjang jalan, masing-masing berlangsung selama 15 – 40 menit. Dari Port Baikal, Anda dapat naik feri ke desa Listvyanka, dan dari sana naik bus kembali ke Irkutsk. Seluruh perjalanan memakan waktu sekitar 12 jam.

4. Naik kereta retro di sekitar Moskow utara

Sebuah kereta antik tiba di Stasiun Rizhsky.

Pilihan lain adalah naik kereta kuno abad ke-20 di sekitar bagian utara Moskow. Kereta ini berangkat dari Stasiun Rizhsky dan pergi ke menuju Krasny Baltiets. Perjalanan itu sendiri hanya berlangsung 15 menit.

Setelah itu, Anda akan mendapatkan tur di sebuah depot antik Moskow sebelum kembali ke pulang. Seluruh perjalanan ini memakan waktu tiga jam.

5. Zolotoe Koltso

Gereja kayu Svyatogo Nikolaya.

Zolotoe Koltso (Cincin Emas), jalur wisata paling terkenal di Rusia, mengacu pada lingkaran kota-kota kuno di timur laut Moskow yang hingga kini masih mempertahankan arsitektur abad pertengahan tradisional mereka.  Perjalanan wisata dengan kereta api berlangsung selama 2 – 3 hari dan mencakup beberapa perhentian (Vladimir, Suzdal, Yaroslavl, dan lainnya), serta ekskursi.

6. Di sepanjang pantai Laut Hitam

Jika Anda menyukai laut dan pegunungan maka pergilah ke Sochi, ibu kota Olimpiade Musim Dingin 2014 dan salah satu resor musim panas terbaik Rusia. Tepat di sepanjang pantai, terdapat jalur kereta api yang menghubungkan Taman Olimpiade ke kota Tuapse. Perjalanan dengan kereta penumpang reguler memakan waktu sekitar 2,5 jam. 

7. Sekitar pedalaman Rusia

Sekitar 360 km dari Moskow, di Oblast Tverskaya, terdapat jalur kereta api kecil Zemtsy-Zharkovsky. Sebuah kereta mini modern begerbong tunggal beroperasi di jalur sepanjang 47 km tersebut dalam 3 jam 20 menit. Karena itu, penduduk setempat meyebutnya sebagai kereta paling lambat di Rusia.

Namun, selama di perjalanan, Anda bisa mengagumi pemandangan indah desa-desa yang setengah terlantar dan hutan-hutan lebat. Perjalanan paling baik dilakukan pada musim panas. 

Sumber: 

https://id.rbth.com/wisata/81083-bertualang-dengan-kereta-api-wyx