press enter to search

Kamis, 21/03/2019 22:52 WIB

Ini Seabrek Khasiat Minyak Zaitun untuk Kecantikan

| Jum'at, 11/01/2019 07:59 WIB
Ini Seabrek Khasiat Minyak Zaitun untuk Kecantikan Cobalah untuk menggunakan minyak zaitun sebagai perawatan alami untuk wajah Anda selama beberapa waktu.

MINYAK  zaitun punya banyak manfaat untuk kesehatan. Akan tetapi selain baik untuk jantung, minyak zaitun juga bisa digunakan untuk merawat kecantikan wajah. Apa saja manfaat minyak zaitun untuk wajah? Simak ulasan lengkapnya dalam artikel ini.

Kandungan nutrisi minyak zaitun

Dalam 100 mililiter minyak zaitun terkandung total 884 kalori (44 persen dari angka kecukupan gizi harian) dan total lemak 100 gram, yang dapat mencukupi 153 persen kebutuhan lemak harian tubuh.

Meski kandungan lemak dalam minyak zaitun terbilang tinggi, tapi sebagian besar kandungan lemak ini merupakan asam lemak tak jenuh tunggal, yang merupakan lemak baik.

Minyak zaitun juga merupakan sumber polifenol yang baik. Polifenol merupakan senyawa fitokimia yang secara alami terkandung dalam tanaman. Senyawa inilah yang memberikan berbagai warna pada makanan dan melindungi tanaman dari bahaya.

Tak hanya mampu melindungi tanaman, polifenol yang masuk ke dalam tubuh kita juga mampu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Itu mengapa, polifenol yang terkandung dalam minyak zaitun dapat bertindak sebagai antioksidan dalam tubuh.

Minyak zaitun juga diperkaya oleh omega-3 dan omega-6, 15 mg vitamin E yang mencukupi 72 persen kebutuhan harian tubuh, serta 61 mg vitamin K yang mampu mencukupi 75 persen kebutuhan harian tubuh. Minyak zaitun sama sekali tidak mengandung kolesterol, karbohidrat, dan lemak.

Manfaat minyak zaitun untuk wajah

Anda tidak harus menjalani perawatan kulit dengan menggunakan bahan-bahan kimia setiap waktu. Terkadang, perawatan rumahan dapat diterapkan dan hasilnya juga tak kalah baik. Salah satunya perawatan kulit yang bisa Anda coba adalah dengan menggunakan minyak zaitun.

Perawatan ini sederhana, efektif, dan aman bagi kulit. Cobalah untuk menggunakan minyak zaitun sebagai perawatan alami untuk wajah Anda selama beberapa waktu.

Berikut beberapa manfaat minyak zaitun untuk wajah yang sayang untuk Anda lewatkan.

1. Menghapus riasan di wajah

kulit kombinasi

Salah satu manfaat minyak zaitun untuk wajah yaitu untuk menghapus riasan makeup di wajah. Anda bisa menggunakan minyak zaitun murni sehabis memakai makeup sehari-hari dengan cara dioleskan dan dipijat lembut di wajah.

Gunakan minyak zaitun sebagai pembersih riasan makeup awal di wajah Anda, setelahnya bilas dengan handuk yang direndam air hangat. Pilihan lainnya, Anda bisa menggunakan sabun yang mengandung ekstrak zaitun untuk membilas wajah Anda

2. Melembabkan kulit

bentuk wajah

Tahukah Anda, kalau minyak zaitun punya sifat yang meningkatkan kelembaban pada kulit? Ya, jika Anda memiliki kulit wajah kering mengelupas, Anda bisa oleskan 1 sampai 3 tetes minyak zaitun di bagian wajah yang kering.

Anda juga bisa mengakali manfaat minyak zaitun untuk wajah dengan cara mencampur krim pelembab wajah dengan beberapa tetes minyak zaitun guna menghidrasi kulit agar tetap lembab dan halus.

3. Mengatasi kulit yang bermasalah

cara merawat kulit berminyak

Minyak zaitun terbukti bisa meredakan pada kondisi kulit yang kering, gatal, atau meradang. Pasalnya, minyak zaitun mengandung oleochantal yang bisa menghilangkan rasa tidak nyaman akibat peradangan di kulit wajah.

Cara penggunaannya sangat mudah, Anda hanya perlu menambahkan beberapa sendok teh minyak zaitun ke dalam bak air hangat. Lalu Anda pun bisa mandi atau sekadar membilas wajah dengan air yang sudah dicampur minyak zaitun.

4. Scrub kulit wajah

mengangkat sel kulit mati

Selain bisa melembabkan dan mengatasi kulit yang gatal meradang, Anda bisa membuat scrub wajah alami dengan menggunakan racikan minyak zaitun dangaram laut. Hal ini sangat bermanfaat jika kulit wajah Anda tipenya bersisik dan kering,

Campurkan 3 sendok teh minyak zaitun murni dengan 5 sendok teh garam laut. Lalu, pijat dengan lembut ke area sisi hidung dan bagian wajah lainnya yang kering. Campuran garam dan minyak bisa mengelupas kulit kering sambil meningkatkan kelembaban di wajah Anda.

5. Membantu menghilangkan bekas jerawat

cara menghilangkan flek hitam bekas jerawat

Meskipun ada beberapa perawatan profesional di klinik kecantikan untuk menghilangkan bekas jerawat seperti laser resurfacing, terapi cahaya, atau cosmetic fillers, Anda juga dapat mengobati bekas jerawat Anda di rumah dengan beberapa perawatan sederhana.

Ya, Anda dapat menggunakan minyak zaitun untuk membantu menghilangkan bekas jerawat. Oleskan minyak zaitun ke area kulit, kemudian gunakan jari untuk memijat kulit untuk membantu penyerapan yang lebih baik. Minyak ini dapat diterapkan ke kulit sekitar 5-10 menit, tetapi jangan meninggalkannya pada kulit selama lebih dari 10 menit.

5. Manfaat lainnya

penyebab rambut bercabang

Tak hanya bagus untuk kulit wajah, minyak zaitun juga menawarkan banyak manfaat untuk rambut Anda. Kandungan antioksidan yang tinggi dalam minyak zaitun, yaitu vitamin A dan E, dapat membantu memperbaiki rambut kering bercabang akibat paparan sinar matahari dan polusi.

Jika Anda memiliki masalah dengan ketombe, Anda bisa menggunakan minyak zaitun yang dicampur dengan sari lemon. Pasalnya, asam alami dalam jus lemon berperan mengikis lapisan ketombe (yang biasanya disebabkan oleh kulit kering terkelupas), sedangkan manfaat minyak zaitun untuk rambut ialah melembabkan lapisan kulit kepala baru di bawahnya.

Minyak zaitun juga dapat menghaluskan lapisan pelindung rambut (kutikula), sehingga membuat rambut terlihat bersinar. Kandungan asam oleat, asam palmitat, dan squalene dalam minyak zaitun dapat membuat hal tersebut terjadi. Bahkan, banyak produk sampo, conditioner, dan pomade mengandung bahan-bahan tersebut dalam bentuk sintesis yang dibuat di laboratorium.

Bahkan, tak hanya itu saja. Minyak zaitun juga dapat membantu memanjang bulu mata secara alami. Minyak zaitun menyerap jauh ke dalam akar rambut dan pori-pori kulit kelopak untuk merangsang pertumbuhan bulu mata serta menjadi perisai untuk melindungi kekuatan batang rambut bulu mata.

Namun, jangan sembarangan menggunakan minyak zaitun untuk wajah

Memang sudah jadi rahasia umum kalau minyak zaitun memiliki kegunaan yang bermanfaat untuk wajah. Akan tetapi, hal ini tidak disarankan kalau Anda memiliki tipe kulit wajah yang sensitif. Terutama juga kalau wajah Anda berjerawat dan mengalami masalah dermatitis.

Pasalnya, sebuah studi menemukan bahwa penggunaan minyak zaitun untuk wajah bayi dan orang dewasa tertentu bisa membuat kulit semakin meradang ataupun mengalami alergi. 

Dalam studi tersebut mengungkapkan jika menggunakan minyak zaitun pada bayi mungkin saja jadi pemicu eksim di kemudian hari. Apalagi, jika di dalam keluarga Anda memiliki riwayat eksim sebelumnya .

Ada baiknya, Anda melakukan tes alergi sebelum menggunakan minyak ini. Hal ini dilakukan supaya Anda dapat merasakan manfaat minyak zaitun untuk wajah secara optimal.

Coba gosok beberapa tetes minyak zaitun di tangan Anda, amati perubahan atau sensitivitas kulit setelahnya. Jika dalam 24-48 jam tidak ada reaksi, Anda aman untuk menggunakannya. Namun, jika ada reaksi seperti kulit memerah atau gatal, sebaiknya jangan menggunakan minyak zaitun untuk wajah Anda.

Tips memilih minyak zaitun yang bagus untuk kulit wajah

Untuk dapat mendapatkan semua manfaat minyak zaitun untuk wajah seperti yang sudah disebutkan di atas, tentu Anda memerlukan asupan minyak yang terbaik di kelasnya dan yang berkualitas tinggi. Nah sebelum membeli, ada baiknya Anda pertimbangkan sejumlah hal di bawah ini dalam mencari minyak buah zaitun terbaik di pasaran.

1. Pilih minyak zaitun dengan label “extra virgin olive oil”

obat gigitan serangga

Extra virgin olive oil adalah jenis minyak zaitun kualitas yang paling baik. Pasalnya minyak zaitun jenis ini melewati sangat sedikit berbagai proses pengolahan pabrikan, bahkan mungkin tidak sama sekali jadi molekul rasa dan aromanya tetap utuh.

Extra virgin olive oil dihasilkan dari proses cold pressing satu kali ekstraksi buah zaitun. Berbanding terbalik dari proses pembuatan minyak zaitun biasa yang mengandalkan panas, cold pressing tak menggunakan suhu panas melainkan tekanan untuk memproses minyak tersebut.

Proses ini tidak melibatkan panas dan bahan-bahan kimia. Oleh karena itu, kualitas minyaknya lebih murni, berkelas tinggi, dan mengandung antioksidan paling banyak dibandingkan dengan minyak zaitun jenis lainnya.

Agar tidak tertipu dengan produk palsu yang banyak beredar di pasaran, pastikan Anda memilih extra virgin olive oil yang memiliki aroma buah zaitun segar, cita rasa yang sedikit pahit, dan ketika Anda mencicipinya akan meninggalkan aftertaste pedas lada. Warna extra virgin olive oil juga tampak persis hijau zaitun, di mana cenderung lebih pekat dibanding minyak zaitun biasa.

Perlu diketahui bahwa istilah “extra virgin” tidak sama dengan artian “murni”. Justru, label “murni” pada botol minyak Anda menandakan bahwa produk tersebut berkualitas rendah karena sudah melalui proses penyulingan atau bahkan refinasi.

2. Organik lebih baik

manfaat buah zaitun

Pastikan ada label organik dari USDA atau BPOM, yang menandakan bahwa setidaknya 95 persen minyak zaitun ini dibuat dari buah zaitun yang tumbuh alami tanpa penggunaan pestisida atau pupuk sintetik.

Jikapun produk pilihan Anda tidak mencantumkan label organik, jangan panik dulu. Pasalnya banyak produsen minyak buah zaitun kecil yang berkualitas tinggi tidak mampu membayar royalti sertifikat label organik dari pemerintah setempatnya.

Nah, untuk memastikannya, jangan ragu untuk menanyakan secara langsung pada penjual minyak zaitun yang akan Anda beli.

3. Tertera tanggal produksi dan kedaluwarsanya

extra virgin olive oil

Sama seperti ketika membeli makanan atau minuman, Anda juga harus jeli melihat masa kadaluwarsa minyak ini. Ya, minyak zaitun meski diolah secara alami juga punya tenggang masa pakai optimal.

Jadi, jangan lupa untuk selalu mencari tahu kapan tepatnya minyak tersebut diproduksi dan kapan masa kedaluwarsanya berakhir. Biasanya keterangan tanggal diproduksi dan masa kadaluwarsa bisa Anda lihat di label informasi kemasan, di bawah botol, atau di dalam tutup minyak ini.

Namun perlu juga dipahami bahwa hanya karena minyak tersebut dikemas atau diproduksi di Italia, tidak berarti minyak itu berasal Italia. Minyak ini pada dasarnya bisa diproduksi dari mana saja di seluruh penjuru Mediterania — Tunisia, Spanyol, Yunani dan Turki— dan didatangkan ke Italia hanya untuk dikemas.

Semakin lama jarak waktu antara panen dan masa pengolahan, akan semakin menurun kualitas akhirnya. Pastikan Anda tidak membeli produk yang berumur lebih dari dua tahun.

4. Kemasan menggunakan botol kaca berwarna gelap atau dalam kaleng

minyak almond oil olive oil minyak zaitun

Agar Anda dapat merasakan manfaat minyak zaitun untuk wajah secara optimal, maka pilihlah produk yang menggunakan botol kaca atau dalam kaleng.

Pasalnya, paparan cahaya dan panas dari luar akan merusak komposisi serta cita rasa yang terkandung dalam minyak zaitun. Oleh karena itu, hindari membeli minyak ini yang dikemas dalam botol kaca bening, apalagi botol plastik.

Sampai di rumah, simpan botol minyak zaitun Anda di dalam lemari gelap, tidak lembap, terlindungi dari sinar matahari, dan jauh dari kompor.

5. Lihat juga nama pabrik atau tempat panen pada kemasan

minyak zaitun dapat mencegah kanker

Biasanya minyak zaitun yang berkualitas akan melampirkan nama pabrik dan perkebunan tempat dibuatnya minyak ini pada label kemasan. Walaupun Anda bahkan tidak tahu cara mengeja perkebunan dan daerah asalnya, tidak masalah.

Dilansir dari Real Simple, Nicholas Coleman, spesialis minyak zaitun di Eataly, mengatakan bahwa pencantuman nama pabrik dan perkebunan di label kemasan merupakan jaminan tanda kualitas minyak zaitun.

Bahkan, akan lebih bagus lagi jika ada segel atau cap resmi yang menunjukkan bahwa minyak berasal dari suatu wilayah yang mengkhususkan diri dalam produksi minyak, seperti PDO (cap resmi European Union’s official Protected Designation of Origin) atau DOP (segel serupa dari Italia).

6. Cicip dan baui wanginya

minyak zaitun bisa meredakan sembelit

Sebagian orang mungkin memilih membeli minyak zaitun impor karena dianggap lebih asli dan berkualitas baik. Namun, ada satu hal yang mungkin sering diabaikan, yaitu perjalanan minyak zaitun tersebut untuk sampai ke tangan Anda.

Padahal semakin panjang perjalanan yang dibutuhkan untuk minyak zaitun mencapai suatu tempat, semakin bertambah pula usianya. Hal ini tentu akan berpengaruh pada kualitas minyak itu sendiri.

Nah, inilah mengapa banyak minyak impor yang memiliki rasa atau bau tengik. Jika Anda ini mendapatkan manfaat minyak zaitun untuk wajah atau kesehatan Anda, menelan sesendok makan minyak tengik tentu tidak akan memberikan banyak manfaat.

Yang ada, perubahan citarasa ini justru akan berdampak negatif pada tubuh karena membentuk radikal bebas dan kadar antioksidan tertentu (termasuk asam lemak dan vitamin B kompleks) juga ikut menguap.

Oleh sebab itu, sebelum menggunakan minyak ini ada baiknya cium bau dan cicipi rasanya ketika sudah sampai di rumah. Idealnya, minyak buah zaitun yang berkualitas baik tidak menghasilkan bau anyir atau rasa aneh yang tidak sedap — misalnya seperti bau kaos kaki basah atau selai kacang basi. Sebaliknya, bau dan rasa minyak zaitun yang baik itu seharusnya segar.

Untuk menghindari salah beli, sebaiknya pilih saja produk lokal (jika ada). Minyak buah zaitun lokal hanya memakan waktu sebentar dari waktu panen hingga distribusi yang akan menjamin kesegarannya sehingga Anda bisa mendapatkan manfaat minyak zaitun untuk wajah atau kesehatan Anda lebih optimal.

(via/sumbwr: hellosehat.xom).