press enter to search

Jum'at, 18/01/2019 20:21 WIB

Jelang Debat Capres/Cawapres, Kubu Prabowo-Sandi Bentuk Tim Khusus

Redaksi | Sabtu, 12/01/2019 14:39 WIB
Jelang Debat Capres/Cawapres, Kubu Prabowo-Sandi Bentuk Tim Khusus Pasangan capres dan Cawapres. (ist)

JAKARTA (aksi.id) Jelang Debat Capres-Cawapres, kubu Prabowo Subianto-Sandiaga Uno melakukan beberapa persiapan, di antarnya membentuk tim khusus. Karena itu, baik Prabowo maupun Sandi fokus beraktivitas di Jakarta sampai hari H pada 17 Januari.

Wakil Ketua BPN Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Priyo Budi Santoso mengatakan, beberapa hari ke depan keduanya fokus berdiskusi dengan berbagai tokoh termasuk mendengar masukan.

"Memang sudah disepakati di Jakarta menyiapkan segala sesuatunya. Mendengarkan tokoh-tokoh untuk memberikan masukan dan ini tradisi yang bagus," kata Priyo di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (12/1).

Priyo menambahkan, pihaknya juga membentuk tim khusus untuk mempersiapkan debat. Selain menyiapkan materi, Priyo mengatakan tim bentukan Ketua BPN Djoko Santoso tersebut berisikan delapan orang.

"Kemarin Pak Djoko Santoso ketua timses kami dalam rapat beberapa Minggu lalu membentuk tim 8 yang kebetulan saya koordinatornya dan melibatkan semua. Tim konten dan semuanya dikoordinatori oleh Mas Sudirman Said. Untuk penyiapan relawan, dan seterusnya Pak Ferry Mursyidan Baldan," ucap dia.

Priyo juga menyebut tim evaluasi debat juga telah disiapkan. Tim tersebut melibatkan Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY.

"Tim yang kemudian menyiapkan masukan-masukan secara informal. Minimal tokoh-tokoh sekaliber bahkan Pak SBY sekalipun berkenan untuk memberikan masukan dan itu sudah dilakukan dan semakin memperkuat kami bahwa tim kami memang siap," jelas Priyo.

Sebelumnya, untuk 20 daftar pertanyaan yang telah diberikan kepada capres dan cawapres disusun oleh enam tim panelis berdasarkan tema debat terkait hukum, HAM, korupsi, dan terorisme.

Sementara Direktur Relawan TKN Jokowi-Ma`ruf, Maman Imanulhaq mengatakan, capres-cawapres Joko Widodo atau Jokowi- Ma`ruf Amin tak memiliki persiapan khusus jelang debat pertama di Pilpres 2019. Dia mengklaim Jokowi punya pengalaman lebih sehingga tak butuh persiapan khusus.

"Tidak ada persiapan khusus, kerena yang sudah dilakukan Jokowi-Amin, track record kami adalah kerja seusai yang berbasis pengalaman. Tidak mimpi tapi betul-betul konstruktif," kata Maman di kawasan Menteng, Sabtu.

Maman juga menilai pasangan Jokowi-Maruf tidak memiliki masalah terkait tema debat, yaitu hukum, HAM, korupsi dan terorisme.

"Debat pertama, menjadi kekuatan karena Jokowi tidak mempunyai masa lalu pelanggaran HAM dan terkait apapun masalah korupsi," ucapnya.

Dia menyebut TKN juga tengah menyiapkan beberapa titik untuk nonton bareng debat Pilpres 2019. Maman juga mengharapkan substansi materi yang disampaikan dapat tersosialisi ke masyarakat.

Saya di Direktur Relawan menyiapkan bagaimana debat itu tersosialisasi dengan baik sehingga siapkan titik debat seluruh indonesia nonton bareng," jelasnya. (ds/sumber merdeka.com)

Keyword Jelang Debat