press enter to search

Selasa, 19/03/2024 13:06 WIB

Tahun 2019, ASDP Siapkan Rp2,2 Triliun untuk Beli 11 Kapal Baru & Kembangkan Dermaga Merak-Bakauheni

| Rabu, 16/01/2019 20:05 WIB
Tahun 2019, ASDP Siapkan Rp2,2 Triliun untuk Beli 11 Kapal Baru & Kembangkan Dermaga Merak-Bakauheni Pada tahun 2019, ASDP akan menambah 11 kapal baru. Sedangkan dalam jangka lima tahun kedepan ada 54 kapal baru yang akan disediakan oleh perseroan. Foto: TEMPO/M Iqbal Ichsan

JAKARTA (aksi.id)  - Manajemen PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) menyiapkan dana  Rp2,2 triliun di tahun 2019 untuk pembelian kapal baru dan pengembangan infrastruktur.

Direktur Utama ASDP Indonesia Ferry Irawan Puspa Dewi mengatakan, ada beberapa kapal baru dan dermaga baru yang membutuhkan dana besar.

Khususnya dalam pengembangan dermaga yang ada di Pelabuhan Merak dan Bakauheni yang memiliki potensi penumpang cukup besar.

"Investasi kita membutuhkan dana Rp2,2 triliun," ujarnya dalam acara media gathering di Kantor Pusat ASDP, Jakarta, Rabu (16/1/2019).

Direktur Keuangan ASDP Indonesia Ferry Dunia Satriawan mengatakan, dana sebesar Rp2,2 triliun di antaranya adalah untuk pengadaan kapal. Termasuk juga rekondisi kapal-kapal lama yang masih layak digunakan.

Pada tahun 2019, ASDP akan menambah 11 kapal baru. Sedangkan dalam jangka lima tahun kedepan ada 54 kapal baru yang akan disediakan oleh perseroan.

"Karena kapal kapal kita selain ekspansi bisnis juga merekondisi kembali kapal-kapal yang usianya cukup tinggi," ucapnya.

Sementara itu 24% di antaranya adalah untuk pengembangan dan pembangunan dermaga baru. Saat ini yang paling dekat adalah pengembangan dermaga Bakauheni-Merak yang ditargetkan rampung Lebaran 2019.

"Sekitar 24% untuk dermaga. Yang on progress di merak Bakauheuni. Di sana itukan jalan dan dermaga cukup banyak, sehingga waktu operasi kapal juga tidak bisa full," jelasnya.

Sementara 9% di antaranya adalah untuk perbaikan fasilitas-fasilitas. Perbaikan fasilitas ini nantinya akan sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh Kementerian Perhubungan.

Keyword ASDP