press enter to search

Sabtu, 20/04/2019 23:13 WIB

Angkut 270 Penumpang & 39 Kendaraan, Kapal Ferry BSP I Terbakar di Perairan Merak

| Kamis, 07/02/2019 20:02 WIB
Angkut 270 Penumpang & 39 Kendaraan, Kapal Ferry BSP I Terbakar di Perairan Merak Kapal ferry BSP I terbakar

MERAK (aksi.is) - Kapal KMP BSP I yang biasa beroperasi di lintasan penyeberangan Merak-Bakauheni mengalami kebakaran pada kamar mesin, Kamis (7/2/2019) sekitar pukul 18.30 WIB. 

Api terlihat dari dalam kamar mesin. Belum diketahui ada korban jiwa, namun hingga saat ini proses evakuasi masih dilakukan.

Kapal tersebut berlayar dari Pelabuhan Bakauheni menuju Pelabuhan Merak, dan terbakar di Selat Sunda. Berdasarkan rekaman dari video amatir warga yang berada di kapal lain yang melintas, terlihat sejumlah penumpang sudah dievakuasi. Penumpang mengenakan jaket pelampung.

Saat kebakaran kapal berada di sekitar Pulau Merak Besar. Kata dia, penumpang sempat panik, namun bisa ditenangkan petugas.

“Sekarang sedang dievakuasi. Penumpang sudah menggunakan pelampung. Penumpang juga sudah ditenangkan,” ujar Radmiadi dihubungi melalui sambungan telepon.

Kapal berhasil dievakuasi di dermaga 3 pelabuhan Merak sekitar pukul 20.45 WIB. .

“Semua penumpang dan kendaraan yang ada di KMP BSP I selamat,” kata kepala SAR PT ASDP cabang utama Merak, Radmiadi kepada Lampost.co, Kamis (7/2/2049) malam.

Menurut dia, saat ini KMP BSP I sandar di dermaga 3 Pelabuhan Merak, setelah dua tugboad Tirtayasa I dan Tirta Jasa 3 menarik kapal yang berlabuh dari pelabuhan Bakauheni tersebut. 

“Semua penumpang selamat dan mengenakan life jacket. Sebagian penumpang kami evakuasi ke KMP Batu Mandi dan sebagian lagi masih berada di KMP BSP I,”  ujar Radmiadi.

Secara terpisah Humas PT ASDP cabang Bakauheni, Saifulalil Maslul Harahap membenarkan KMP BSP I berlayar dari Pelabuhan Bakauheni menuju Pelabuhan Merak sekitar pukul 16.15 WIB. Menurut dia, KMP BSP I mengangkut 270 penumpang dan 39 kendaraan campuran.

“Iya KMP BSP I kabarnya terbakar saat memasuki alur masuk Pelabuhan Merak. Peristiwa itu tidak menelan korban jiwa. Semuanya selamat, baik penumpang maupun kendaraan yang ada di KMP BSP I,” kata Saiful. 

PEMADAMAN API

Sementara itu, rilis Dirten Perhubungan Laut menyebutkan api berhasil dipadamkan setelah kapal patroli KPLP KNP. Jembio dibantu oleh kapal KMP. Batu Mandi, KMP Royal Nusantara dan KMP Titian Murni mendekat untuk melakukan evakuasi penumpang sekaligus pemadaman api di kapal KMP BSP I.

Adapun 2 (dua) tugboat milik PT. Pelindo II yaitu TB. Tirtayasa I dan TB. Tirtayasa III juga ikut membantu pemadaman yang diawasi langsung oleh kapal patroli KNP. 373 dan KNP.530.

Demikian yang disampaikan oleh Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) kelas I Banten, Herwanto di Pelabuhan Merak Banten.

"Alhamdulillah api telah padam pada pukul 18.45 WIB dan kapal sandar di dermaga 3 di Pelabuhan Merak. Seluruh penumpang dipastikan selamat dan KSOP Banten menyiapkan tim medis di Pelabuhan," ujar Herwanto.

Herwanto menjelaskan bahwa kapal KMP. BSP 1 yang dioperatori oleh PT. Tri Sumaza Lines dalam pelayarannya dari Bakauheni menuju Pelabuhan Merak mengalami kebakaran tepatnya di dekat Pulau Merak Besar.

Kapal yang dinakhodai oleh Soemarjono tersebut mengangkut 196 orang penumpang dan 26 orang Anak Buah Kapal.

"Pada saat kejadian, Anak Buah Kapal (ABK) berusaha memadamkan api dari ruang mesin dan meminta seluruh penumpang untuk menggunakan life jacket sambil menunggu evakuasi dari Tim SAR," ujar Herwanto.

Selanjutnya, untuk penyebab terjadinya kebakaran di ruang mesin tersebut, Herwanto sepenuhnya menyerahkan kepada Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) untuk melakukan penyelidikan terhadap penyebab terjadinya kebakaran tersebut.

 

Keyword Kapal Terbakar