press enter to search

Rabu, 20/02/2019 02:51 WIB

Landing dari Lombok, Pesawat Garuda Indonesia Dicek Langsung Dirjen Hubud Polana Pramesti

Redaksi | Senin, 11/02/2019 14:01 WIB
Landing dari Lombok, Pesawat Garuda Indonesia Dicek Langsung Dirjen Hubud Polana Pramesti

IMG-20190210-WA0009

TANGERANG (Aksi.id) – Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub Polana B Pramesti melakukan ramp inspection atau rampcheck disela-sela kampanye keselamatan penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, Banten Minggu (10/2/2019).

Dikatakan, sebenarnya ramp check merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh inspektur penerbangan dari Ditjen Perhubungan Udara. ramp check hari ini dilakukan. Pada pesawat Garuda Indonesia yang baru saja landing dari Lombok di Terminal 3 Bandara Soetta.

Sebelum kembali terbang ke Bali, Dirjen Pola bersama tim melakukan tampil check bahkan sempat dialog dengan capten pilot. Dan ramp check hasilnya positif dan pesawat bisa melanjutkan penerbangan dengan aman dan selamat.

“Namun menjelang masa-masa sibuk penerbangan, seperti libur Lebaran atau Natal & Tahun Baru, kegiatannya diperbanyak dan diperketat karena jumlah penerbangannya juga makin banyak,” kata Dirjen Polana.

Polana menjelaskan, “Rampcheck dilakukan sebagai pemenuhan terhadap standar keselamatan penerbangan, terutama pada peak season, karena frekuensi penerbangan kian meningkat.” sebut dia.

IMG-20190210-WA0009

55 Items Check List

Pada rampchek list terdapat total 55 items pengecekan. Terdiri dari 25 items persyaratan operasional, 15 items keselamatan dan perlengkapan pada kabin pesawat, serta 12 items yang berkaitan dengan kondisi pesawat.

Ada lagi tiga items yang terkait dengan pemeriksaan kargo dan kompartemen kargo, serta tiga items umum, yaitu bila tidak termasuk dalam keempat kategori sebelumnya.

“Semaksimal mungkin kami berusaha untuk menciptakan angkutan udara yang selamat, aman, lancar, dan nyaman sebagaimana harapan pengguna jasa penerbangan. Untuk keselamatan, tidak ada toleransi. Ini no go item yang harus dipenuhi bila ingin terbang,” tegas Polana.(helmi/adinda)