press enter to search

Rabu, 20/02/2019 02:12 WIB

OBU V Lanjutkan Kampanye Keselamatan Penerbangan di 24 Bandara

Redaksi | Senin, 11/02/2019 14:03 WIB
OBU V Lanjutkan Kampanye Keselamatan Penerbangan di 24 Bandara Foto : Ilustrasi

IMG_20190211_063531

MAKASSAR (Aksi.id) – Otoritas Bandar Udara (OBU) V lanjutkan Kampanye Keselamatan Penerbangan di 24 bandara wilayah kerjanya.

“Mereka akan melanjutkan Kampanye setelah dideclair serentak di 10 OBU,” tutur Kepala OBU V Agus Priyanto di Makassar, Ahad (10/2/2019).

Dia menyampaikan bahwa sebagai regulator, pihaknya terus menerus melakukan pengawasan untuk terwujudnya keselamatan penerbangan.

Bersama 32 Inspektur yang dimiliki OBU V, pihaknya mengawasi, memantau, dan memastikan bahwa seluruh unsur pendukung penerbangan memenuhi ketentuan yang berlaku.

“Kami ingin menanamkan Selamanya (selamat, aman, dan nyaman) pada semua penerbangan,” imbuh dia.

Sebelumnya Dirjen Perhubungan Udara Polana B Pramesti mengatakan, seluruh Kepala OBU beserta jajarannya harus proaktif dan terus menerus melakukan pengawasan kepatuhan pada regulasi dan prosedur standar operasi (Standard Operational Procedures/SOP).

“Tanpa pengawasan, keselamatan akan diabaikan dan tak akan terjamin. Upaya-upaya yang dilakukan untuk meningkatkan keselamatan penerbangan harus terus menerus,” kata Polana.

Penandatangan ‘Safety Commitment” regulator dan operator penerbangan jelang akhir 2018, mengingatkan kembali terciptanya keselamatan penerbangan.

Begitu juga dalam Safety Management System (SMS), salah satu pilarnya adalah Safety Promotion, yaitu stakeholders diminta juga untuk melakukan kampanye keselamatan di wilayah kerja masing-masing.

“Di samping melakukan pengawasan, ke-10 OBU juga melakukan sosialisasi di bandara-bandara yang dilingkupinya, termasuk kepada masyarakat sekitarnya. Sosialisasi dilakukan melalui pemberian pemahaman tentang pentingnya keselamatan dan dalam berbagai bentuk kampanye yang efektif,” tutup Polana. (omy/adinda)