press enter to search

Kamis, 18/04/2024 19:09 WIB

BMKG: Fenomena Super Snow Moon Terjadi di Indonesia Hari Ini

Redaksi | Selasa, 19/02/2019 14:37 WIB
BMKG: Fenomena Super Snow Moon Terjadi di Indonesia Hari Ini Ilustrasi. (ist)

JAKARTA (Aksi.id) - Fenomena langka Super Snow Moon akan terjadi hari ini, Selasa (19/2/2019) di Indonesia. Fenomena ini disebut Super Snow Moon, di mana, posisi bulan dan bumi berada pada perigee (posisi terdekat).

Hal tersebut akan mempengaruhi pola pasang air maksimum air laut di Indonesia. Informasi ini seperti dikutip Liputan6.com dari laman Twitter Humas Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) @InfoHumasBMKG.

"Tahukah Sobat Humas? Jarak terdekat bulan dan bumi (Perigee) terjadi pada hari ini 19 Februari 2019 pukul 16:00 WIB. Bagi masyarakat di wilayah pesisir pantai harap waspada terhadap pasang maksimum air laut.#FaktaData #SuperSnowMoon #BMKG," cuit BMKG @InfoHumasBMKG.

Mengingat karena fenomena Super Snow Moon akan mempengaruhi pola pasang air maksimum air laut di Indonesia, BMKG menuliskan wilayah mana saja yang diminta berhati-hati atau waspada.

Wilayah tersebut adalah pesisir utara Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan pesisir Kalimantan Barat.

"Hal ini dapat berdampak pada terganggunya transportasi di sekitar pelabuhan dan pesisir, aktivitas petani garam dan perikanan darat, serta bongkar muat di pelabuhan," tulis BMKG melalui pengumuman tertulisnya. (ds/sumber liputan6.com)