press enter to search

Rabu, 20/03/2019 08:30 WIB

Sempat Kabarkan Mesin Mati & Hilang Kontak, Kapal Arma Widjaya dengan 12 Penumpang dan Satu Jenazah Ditemukan

| Sabtu, 09/03/2019 15:47 WIB
Sempat Kabarkan Mesin Mati & Hilang Kontak, Kapal Arma Widjaya dengan 12 Penumpang dan Satu Jenazah Ditemukan Saat ditemukan, seluruh penumpang bersama ABK KM Arma Widjaya dalam keadaan selamat dan langsung dievakuasi menuju Kota Tual. Foto: kompas.com.

TUAL (aksi.id) - KM Arma Widjaya yang membawa 12 penumpang dan satu jenazah hilang kontak. Kapal tersebut sempat mengabarkan mengalami mati mesin saat berada di perairan Pulau Dua, Tual.

"Melaporkan kondisi membahayakan manusia, KM Arma Widjaya mengalami mati mesin di Perairan Pulau Dua (Kota Tual) pada tanggal 08 Maret pukul 20:05 WIT," kata Kepala Kantor Basarnas Ambon, Muslimin di Ambon. Demikian dikutip dari Antara, Sabtu (9/3).

Kapal berangkat dari pelabuhan Kota Tual menuju Pulau Toyando. Namun di tengah jalan, kapal tersebut mengalami mati mesin pada koordinat 05 34` 41"S - 132 35` 648"E..

Regu penyelamat dari Pos SAR Tual langsung dikerahkan mencari keberadaan kapal. Cuaca di sekitar perairan, hujan ringan diserta angin dari arah barat menuju barat laut berkecepatan 4-20 Knot dan tinggi gelombang berkisar antara 0.1-2 meter.

"Setelah menerima laporan tersebut, regu penyelamat langsung dikerahkan ke lokasi pencarian pada pukul 20.35 WIT dengan menggunakan Kapal Negara (KN) SAR Bharata 242," ujar Muslimin.

Lokasi pencarian dipusatkan pada arah 292,48 Barat Laut atau sekitar 12 Nm Barat Laut Pulau Tual.

Unsur SAR yang terlibat dalam pencarian di antaranya regu penyelamat dari Pos SAR Tual, Brimob, Kesatuan Polisi Penjaga Pantai, Syahbandar, Pol airud, serta keluarga korban, terhadap kapal yang berlayar dari Tual, Maluku, menuju Pulau Tayando itu membuahkan hasil.

“Kapalnya ditemukan di dekat Pulau Dua, dan langsung dievakuasi oleh tim SAR,” kata Kepala Kantor SAR Ambon, Muslimin, saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (9/3/2019).

Dia mengatakan, saat ditemukan, seluruh penumpang bersama ABK dalam keadaan selamat dan langsung dievakuasi menuju Kota Tual.

Adapun para penumpang dan ABK yang dievakuasi yakni Ali Subandrio (42), Lili Rumap (28), Wasiti Rahadap (32), Nuruis Wahadap (31), Wa Ode Rahadap (24), Ademan Ode (19), Sadar Rahadap (29), HJ Rauf Rahadap (48). Sedangkan ABK kapal yakni Irwan (35), Isaq (33) Rafiq (30), La Nini (28), Akmal (38).

“Semua penumpang dan ABK ditemukan dalam keadaan selamat,” ujar dia.

Menurut Muslimin, setelah ditemukannya kapal tersebut, maka operasi pencarian langsung dinyatakan selesai dan ditutup.

”Operasi pencarian langsung dinyatakan selesai. Kami juga menyampaikan terima kasih kepada personel Brimob yang ikut dalam oeprasi kemanusiaan ini,” ujar dia. (via).

 

Keyword Kapal Tenggelam