press enter to search

Rabu, 20/03/2019 07:47 WIB

Patah As Kemudi, Kapal KM Manusela Tabrak Karang di Wakatobi, 51 Penumpang & Kru Dievakuasi

| Kamis, 14/03/2019 22:15 WIB
Patah As Kemudi, Kapal KM Manusela Tabrak Karang di Wakatobi, 51 Penumpang & Kru Dievakuasi Kapal Manusela Permai 05 kandas tersangkut karang akibat patah kemudi di perairan Wakatobi, Sultra. (Foto: iNews.id/Febriyono Tamenk)

KENDARI (aksi.id) - KM Manusela 05 GT 84 dengan rute Kota Baubau-Binongko mengalami patah as kemudi di di perairan Pulau Kapora, Binongko, Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara (Sultra), Kamis (14/3/2019).

Akibat kejadian itu, kapal kandas dan tersangkut di atas karang. Beruntung, tidak ada korban luka maupun jiwa dalam kecelakaan itu. Sebanyak 45 penumpang dan 6 ABK kapal tersebut berhasil dievakuasi tim Basarnas Wakatobi setelah terombang-ambing di tengah laut. 

Kepala Kantor SAR Kendari, Djunaedi mengatakan, informasi itu dapat dari serorang warga, Irma yang melaporkan kejadian itu ke SAR pada Kamis pagi sekitar pukul 07.30 WITA.

“Begitu dapat laporan warga, tim SAR Wakatobi kemudian menurunkan rigit inflitable boatmenuju tempat kejadian,” kata dia.

Menurut Djunaedi, seluruh penumpang dan awak kapal nahas tersebut dalam kondisi selamat. Mereka sudah dievakuasi ke Pelabuhan Binongko. Sedangkan kondisi kapal yang menabrak karang mengalami kerusakan di bagian lambung. Kapal juga bocor dan air masuk ke dalam kapal.

 

Diketahui KM Manusela Permai 05 ini bertolak dari Pelabuhan Murhum Baubau pada Rabu, 13 Maret 2019 sekitar pukul 22:00 WITA menuju Pulau Binongko, Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara.

Namun, dalam perjalanannya menuju Pulau Binongko, kapal tersebut mengalami putus tali kemudi yang membuat kapal tak terkendali hingga menabrak karang.

Keyword Kapal Kandas